Tips Rahasia Memasak Jengkol Agar Empuk & Legit

admin   22 Juli 2019 Tips n Trick

.

 Harganya sempat melejit menyamai harga daging. Bagi pecinta, jengkol memang senikmat daging. Penggemar jengkol kebanyakan adalah masyarakat Jawa Barat, Betawi dan Banten. Meski nikmat, jengkol masih kerap dipandang sebelah mata. Ini karena, jengkol membuat bau mulut dan air seni menjadi bau. 


.

Padahal, jika diolah dengan benar, jengkol   dapat menjadi makanan yang enak dan lezat, namun terkadang salah proses sedikit saat memasaknya dapat membuat tekstur jengkol masih keras dan pahit. Agar jengkol empuk dan tidak pahit saat disantap, simak tips makanabis berikut ini:


Pillh  yang  Tua

Ada dua jenis jengkol yang biasa digunakan untuk masakan, yakni jengkol  muda dan tua. Umumnya, jengkol muda dipakai untuk lalapan. Sedangkan jengkol yang sudah tua   digunakan untuk semur atau balado. Gunakan jengkol yang memiliki tekstur yang lebih lunak dan legit saat dimasak. Ciri-cirinya adalah jengkol yang sudah merekah   dan kulit ari yang keras dan berwarna coklat tua.


Rendam    Air Dingin

Setelah kulit jengkol dikupas bersih hingga kulit ari hilang, cuci jengkol kemudian rendam dengan air dingin untuk menetralisir racun. Perendaman ini juga berfungsi untuk mengurai bau pada jengkol.  Selain air dingin, Air sirih juga bisa dipakai, rendam semalaman.  Perendaman ini akan mempengaruhi kenikmatan daging buah  jengkol itu sendiri


Teknik Perebusan

Butuh teknik perebusan yang tepat dalam pengolahan jengkol.   Ketika merebus jengkol, usahakan agar tidak sampai terlalu matang agar saat dipipihkan atau dimasak, jengkol tidak sampai hancur. Memipihkan jengkol sebelum diolah bertujuan untuk membuat bumbu akan meresap lebih cepat kedalam jengkol.


Rempah Khusus

Selaian untuk mengempukkan, saat perebusan, ada baiknya jika dimasukkan rempah-rempah khusus agar bau jengkol tidak terlalu menyengat.

Bahan rempah khusus itu adalah daun jeruk purut atau daun salam. Caranya mudah,   masukkan irisan daun jeruk purut atau daun salam kedalam rebusan jengkol. Selain dua daun tadi, daun jambu biji juga bisa membuat jengkol jadi lebih cepat empuk dan lunak. Paskalis Andrew


Artikel Terkait