Tips Memasak Daging Cepat Empuk

admin   18 Juli 2019 Tips n Trick

.

Suka daging? Pasti suka dong ya..Selain makan ikan, tentunya  masakan berbahan dasar daging, entah itu daging sapi, kambing ataupun ayam adalah favorit kita. Biasanya untuk memasak masakan yang berbahan dasar daging, membutuhkan waktu yang cukup lama karena agar daging yang kita olah jadi empuk dan bumbu-bumbu meresap. Bagi sebagian orang ada yang tahu bagaimana cara memasak daging agar tidak menghabiskan waktu berlama-lama dan cepat empuk. Ingin tahu rahasianya? Ayo kita intip sama-sama cara memasak daging agar cepat empuk.


.

Cara Memotong daging
Rahasia membuat daging cepat empuk saat dimasak yaitu bagaimana cara kita memotongnya. Potong-potonglah daging berlawanan arah dengan seratnya. Fungsinya adalah untuk menghambat bersatunya serat daging pada saat dimasak, sehingga daging bisa jadi lebih empuk.


.

Dipukul-Pukul
Dengan bantuan alat pemukul daging, pukul-pukul  daging sampai teksturnya jadi lebih empuk dan pipih, lakukan hal yang sama pada sisi baliknya dengan memakai talenan sebagai alas, agar daging tidak bergeser saat dipukul.  Pukul pelan-pelan agar sari daging tidak keluar.


.

Bungkus Daun Pepaya
Daun pepaya ternyata dapat mengempukkan daging karena kandungan zat papain yang terkandung didalamnya. Caranya daging dibungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 30 menit, sebelum mulai dimasak.


.

Baluri  Nanas
Selain daun pepaya, buah nanas yang masih muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging. Caranya, parut nanas kemudian balurkan pada daging dan diamkan selama kurang-lebih 30 menit. Selain dibalurkan, dapat juga dengan cara memotong-motong nanas tipis-tipis dan campurkan dengan daging pada saat dimasak.


.

Tutup Kulit Pisang
Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif lain untuk mengempukkan daging. Kandungan  alami di dalam kulit pisang bisa membantu menguraikan protein dalam daging, sehingga daging bisa lebih cepat empuk.
Caranya ambil beberapa kulit pisang, lalu tutupkan pada daging dan diamkan selama 30 menit – 1 jam.


Segenggam Beras
Dengan memasukkan segenggam beras pada air rebusan daging maka kita tidak perlu berlama-lama di dapur untuk memasak daging. Caranya, saat merebus daging masukkan segenggam beras, tunggu sampai beras benar-benar hancur. Daging siap diolah.


.

Olesi Buah Kiwi
Kiwi juga salah satu buah yang  bisa mengempukkan daging. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi, dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dimasak.

Selain tips-tips di atas, rahasia utama mengempukkan daging dengan cepat adalah dengan memasaknya menggunakan api kecil saja. Selain empuk, bumbu-bumbu juga lebih meresap didaging sehingga masakan yang kita buat pasti akan lebih joss...kamu penasaran ayo dicoba! Paskalis Andrew


Artikel Terkait