Teripang, Si Lunak Pencegah Kanker

andrew   10 Agustus 2019 Khasiat

.

Dari banyak hewan laut, teripang atau sea cucumber adalah hewan yang memiliki bentuk  yang unik. Hewan yang diketahui berjalan sangat lambat ini memiliki nama latin Hollothuroidea. Julukan yang paling sering didengar oleh banyak orang untuk hewan ini adalah “timun laut”.

Diberi nama timun laut, karena bentuknya sangat mirip dengan mentimun. Sering sekali dijumpai di laut dengan air yang jernih dan dangkal.Teripang sangat mudah untuk ditemukan di laut Asia Pasifik, terutama di Indonesia.

Walaupun bentuknya  aneh, hewan satu ini juga bisa dimakan dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan, banyak pula masyarakat yang menjadikannya obat dengan cara dimakan mentah-mentah. Pada umumnya, masyarakat lebih memilih untuk menjadikannya makanan dengan cara dimasak  terlebih dahulu.



.

Melawan Kanker

Teripang   mengandung zat yang disebut dengan sitotoksin. Secara ilmiah zat ini terbukti ampuh dalam melawan sel kanker. Zat ini memiliki efek perlawanan pada lima jenis kanker, termasuk kanker kulit, prostat dan payudara.

Studi lain juga menemukan bahwa teripang juga mengandung Ds-echinoside, yaitu sejenis triterpen yang berfungsi dalam mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker pada hati manusia. Walaupun terlihat sangat berguna, penelitian lanjutan juga sangat dibutuhkan untuk mengetahui tingkat kemanjuran dan keamanan dalam menggunakan teripang untuk pengobatan kanker.



.

Artikel Terkait