Teknik Dasar Memasak. Harus Tahu!

putri   13 Agustus 2019 Tips n Trick

Ada banyak hal yang bisa diajarkan mengenai dunia masak memasak kepada koki pemula, ataupun mereka yang baru saja belajar masak. Pengenalan mengenai peralatan dapur, bumbu dapur, jenis sayuran ataupun teknik dalam memasak atau pengolahan makanan. Makanabis memperkenalkan beberapa teknik memasak yang wajib dikuasai 


Kukus

Ini adalah teknik memasak favorit bagi mereka yang sedang menjalani pola hidup sehat. Tidak menggunakan minyak, sehingga makanan jadi lebih sehat ketika dikonsumsi. Hal ini lantaran, kandungan gizi bisa lebih terjaga. Teknik mengukus adalah teknik memasak dengan mengunakan uap api dalam wadah yang tertutup. Makanan seperti bakpau atau siomay, menggunakan teknik ini.


Rebus

Selain teknik kukus, teknik rebus juga disukai oleh mereka yang menjalani pola hidup sehat. Merebus adalah teknik memasak dimana bahan makanan akan dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih, dan ditunggu hingga matang. Masakan yang diolah dengan cara direbus, akan menjaga gizinya tetap utuh dan tidak berubah. Khusus sayuran, asalkan suhu api tidak terlalu tinggi, dan tidak terlalu lama, maka sayuran tersebut akan memiliki kandungan gizi yang tidak berubah. Itu sebabnya beberapa sayuran disarankan untuk diolah dengan cara direbus, dan tidak dengan digoreng. Makanan lainnya yang menggunakan teknik ini seperti mie rebus atau telur rebus.


Goreng

Kalau ini pasti semua sudah tahu, kan? Teknik menggoreng adalah teknik memasak dengan menggunakan minyak. Minyak yang digunakan biasanya cukup banyak, hingga bahan makanan tersebut dapat terendam. Ini untuk membuat matangnya lebih merata. Makanan sepert tahu tempe goreng, ikan goreng, kerupuk, dan kentang goreng menggunakan teknik ini. Alat yang digunakan biasanya dalah wajan. Waspadai minyaknya, ya!


Bakar

Makanan seperti sate, adalah salah satu makanan yang diolah menggunakan teknik bakar. Membakar adalah teknik memasak dimana bahan makanan akan disentuhkan langsung ke api. Makanan yang menggunakan teknik bakar, biasanya akan menimbulkan aroma gosong dan menghitam di beberapa bagiannya. Perlu di bolak-balik, agar supaya tidak gosong di satu tempat saja. Masakan seperti ikan bakar, akan memiliki tampilan kecokelatan dengan warna hitam di beberapa bagiannya. Sedikit gosong, justru akan menambah kenikmatan dari sajian bakar tersebut.


Panggang

Kebanyakan orang akan mengira bahwa teknik memasak dengan cara bakar dan panggang, adalah teknik memasak yang sama. Padahal berbeda, ya. Memanggang itu adalah teknik masak, dimana bahan makanan yang akan diolah akan diletakkan ke dalam wadah, lalu dimasukkan ke dalam oven atau microwave. Di dalam alat tersebut, panas akan dihantarkan ke seluruh ruangan. Hal ini membuat makanan menjadi matang secara lebih merata. Makanan yang menggunakan teknik ini biasanya ketika membuat kue. Bisa juga untuk memasak ayam panggang.


Tumis

Jika menggoreng itu berarti cukup banyak minyak hingga bahan makanan terendam, maka menumis hanya menggunakan sedikit minyak. Minyak yang digunakan juga bisa diganti dengan mentega atau margarin. Bahan makanan yang menggunakan teknik ini, tidak perlu sampai terendam dengan minyak. Perbedaan lainnya dengan menggoreng, teknik tumis ini disarankan untuk menggunakan api besar. Tumis kangkung adalah salah satu makanan yang menggunakan teknik ini. 


Sangrai

Sangrai ini juga termasuk ke dalam keluarga teknik menggoreng. Akan tetapi, teknik sangria ini tidak menggunakan minyak. Bahan yang hendak digoreng akan langsung dituang ke wajan. Teknik sangria bertujuan untuk membuat bahan makanan menjadi lebih kering, sehingga mudah untuk dihancurkan. Bisa juga ditujukan untuk mengeluarkan aroma dari bahan tersebut supaya lebih kuat atau wangi. Biasanya bahan-bahan yang disangrai seperti merica, ketumbar, ataupun kemiri. Salah satu camilan yang menggunakan teknik ini adalah kacang sangrai.

Sudah tahu perbedaannya, kan? Tidak ada bahan makanan tertentu yang selalu harus diolah dengan satu teknik saja. Bahan makanan daging ayam, bisa dimasak dengan cara direbus, digoreng, dipanggang, atau mungkin dibakar. Jadi, harus rajin eksplorasi resep masakan juga, ya! Putri Aisya P


Artikel Terkait