Tak Sekedar Manis, Ini Mafaat Kismis

admin   27 Juli 2019 Healthy Food

.

Benda kecil berwarna cokelat, kuning atau hitam dan memiliki rasa yang asam-kecut ini bernama kismis. Kamu akan banyak menemukan kismis ini pada kue ataupun roti. Kismis merupakan hasil olahan dari buah anggur, dimana buah anggurnya dikeringkan sehingga menghasilkan kismis. Kismis seringkali tidak disukai karena rasanya yang terkadang kecut atau asam. Padahal, kismis menyimpan banyak manfaat ketika dikonsumsi.


.

Asupan Energi  

Kismis memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh kita. Bayangkan jika tubuh kita kekurangan gula. Tubuh jadi lemas dan tidak bertenaga. Akan tetapi, kandungan gula yang tinggi ini yang kerap membuat orang seringkali menjadi ragu untuk mengonsumsi kismis.


.

Program diet

Sejak dulu, kismis menjadi makanan yang wajib dikonsumsi ketika menjalani program diet. Ternyata, diet adalah makanan yang mengandung banyak serat, akan tetapi rendah kalori. Ketika kita mengonsumsi kismis dalam jumlah tertentu, perut kita akan cepat merasa kenyang. Inilah yang menurunkan hasrat untuk lapar dan keinginan untuk makan makanan lainnya.


.

Kulit Kenyal

Info penting untuk para cewek, nih. Ingin punya kulit yang kenyal? Konsumsilah kismis mulai sekarang. Kismis mampu membuat kulit menjadi awet muda. Kismis adalah antioksidan yang mampu menurunkan kadar radikal bebas yang menimbulkan beberapa permasalahan pada kulit. Selain itu, kismis juga dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak dan sebagai pencegah kanker.


.

Atasi Gangguan Pencernaan

Kismis mampu menjaga kesehatan pencernaan. Berfungsi untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti menurunkan asam lambung yang berlebih mengatasi sembelit dan atasi diare. Kandungan serat yang cukup banyak akan sangat dibutuhkan oleh pencernaan kita. Sembelit? Makan kismis aja. Asam lambung? Meski rasa dari buah kering ini asam, namun kandungan potasium dan magnesiumnya mampu menetralkan asam lambung pada tubuh.


.

Hancurkan  Karang Gigi!

Selain menjaga kesehatan pencernaan, kismis juga menjaga kesehatan gusi dan mulut. Kismis mengandung asam aleanolic, dimana kandungan ini berperan untuk mengatasi kerusakan pada gigi seperti mencegah karang gigi atau gigi berlubang, juga atasi bau mulut. Untuk gigi, kismis dapat membuat gigi lebih kuat dan putih cerah, lho!


.

Mengatasi anemia

Anemia adalah kondisi dimana kita mengalami kekurangan darah. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat. Mau yang lebih alami dan sehat? Kamu bisa mengonsumsi kismis. Kismis terkenal sebagai sumber besi yang baik dengan kandungan 1.4 miligram besi dalam satu gelas kismis. Jumlah ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan zat gizi pada tubuh orang dewasa, yaitu sekitar 7% kebutuhan besi harian untuk wanita dewasa dan 17% untuk pria dewasa. Apakah kamu masih meragukan kebermanfaatan dari kismis? Mulai sekarang, Anda bisa rutin mengonsumsi kismis, ya! Putri Aisya


Artikel Terkait