Superfood, 'Makanan Super' yang Patut Dicoba

admin   23 Juli 2019 Healthy Food

Superfood? Apa itu? Superfood atau makanan super adalah kelompok makanan nabati dan hewani yang memiliki kekayaan nutrisi yang padat, yang kaya akan kandungan gizi, yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya makanan superfood  berasal dari bahan makanan alami yang masih segar atau dengan sedikit pengolahan. Seturut dengan perkembangan jaman, saat ini superfood menjadi gaya hidup sehat yang menjadikan permintaan akan superfood meningkat sehingga harganya tak lagi murah.

Superfood dapat memperlambat penuaan dini dan menurunkan berat badan. Banyak sekali yang memasukkan beberapa superfood ke menu makan sehari-hari untuk menjalankan program diet atau untuk menjaga kesehatan. Apa saja makanan super dan sehat yang dapat digolongkan sebagai superfood? 


.

Brokoli

Sayuran berwarna hijau dengan bentuk seperti kembang kol ini kurang begitu memiliki rasa yang enak seperti sayuran pada umumnya. Brokoli termasuk sumber makanan yang paling sehat karena mengandung berbagai macam nutrisi dan memiliki banyak manfaat nagi kesehatan.

Brokoli kaya akan berbagai nutrisi terutama vitamin c dan mineral, kaya akan magnesium, beta karoten, antioksidan dan fito nutrien. Kandungan-kandungan ini dapat membantu memerangi infeksi dan virus agar imunitas tubuh kuat.


.

Kiwi

Kiwi adalah buah-buahan kecil menyerupai buah sawo. Selain rasanya yang enak, manfaat buah kiwi begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Buah berdaging hijau, rasanya manis yang kaya akan vitamin dan folat. Buah kiwi memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

Manfaat buah kiwi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan kulit dan rambut. Lebih baik mengkonsumsi kiwi langsung dengan kulitnya agar memaksimalkan manfaat vitamin c yang terkandung didalamnya. Karena kandungan vitamin c terbesar buah kiwi terdapat pada kulitnya.


.

Kale

Kale adalah jenis sayuran yang berdaun hijau. Kale mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Kale mengandung serat yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral. Sangat baik bagi kulit karena dapat memperlambat penuaan dini. Kale juga dapat mencerahkan bagian putih mata dan mencerahkan warna kulit.


Ikan Berminyak

Ikan berminyak merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang sangat baik. Ikan yang termasuk dalam golongan ikan berminyak seperti salmon, tuna dan sarden. Ikan berminyak tersebut banyak mengandung vitamin D, kalium, zinc dan selenium yang baik untuk kesehatan rambut, kulit, kuku dan tulang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah ikan berminyak secara rutin dan teratur.


.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Telur yang biasa dikonsumsi biasanya berasal dari unggas. Telur mempunyai kandungan gizi yang lengkap, meliputi protein, karbohidrat, asam amino dan omega 3.



.

Blueberry

Anda mungkin pernah makan blueberry, buah yang kaya akan vitamin dan serat. Buah yang mengandung banyak nutrisi. Manfaat blueberry yang sangat luar biasa adalah khasiatnya membantu meningkatkan daya ingat. Blueberry juga mengandung kalori yang rendah. Senyawa  yang terdapat pada blueberry dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, jantung dan diabetes.


.

Rumput Laut

Rumput laut merupakan sayuran laut yang tergolong dalam makanan superfood. Sayuran ini kaya akan nutrisi yang baik buat kulit sehat dan tubuh ramping serta bugar. Menambahkan rumput laut kedalam makanandapat membantu meningkatkan fungsi tiroid, kesehatan pencernaan dan penurunana berat badan.


.

Bawang Putih

Khasiat bawang putih tidak hanya sebagai penambah citarasa pada masakan tetapi juga untuk kesehatan. Bawang putih dipercaya memilikimemiliki manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki antibakteri dan anti jamur yang dapat melindungi tubuh dari beragam serangan penyakit. Bawang putih adalah pilihan terbaik dan alternatif terbaik. Dapat menstabilkan tekanan darah tinggi.


.

Bawang Bombay

Bawang bombay sejenis bawang yang paling banyak dibudidayakan. Dapat digunakan sebagai bumbu dan bahan masakan. Rutin mengkonsumsi bawang bombay sebagai bahan makanan ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan. Bawang bombay berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah.

Itulah beberapa sayuran dan buah-buahan serta ikan yang termasuk kedalam golongan superfood. Anda dapat memasukkan salah satunya kedalam menu makanan sehat Anda. Mulailah bergaya hidup sehat dari sekarang. Paskalis Andrew


Artikel Terkait