Som Tum Rujak Pepaya Hijau Khas Thailand

andrew   03 Agustus 2019 Food Story

.


Ketika berbicara salad maka yang muncul dipikiran adalah hidangan yang berisi sayuran dan buah dengan berbagai macam jenis. Tapi masyarakat Thailand, membuat  salad secara berbeda, bukan hanya  sayuran hijau konvensional yang biasa dikonsumsi.  Salad atau rujak Thailand terkenal karena penggunaan dagingnya, terutama ikan, serta campuran rempah-rempah khas Thailand yang unik dan pedasnya cabai Thailand pun meramaikan salad Thailand. Salad Thailand biasa dikenal dengan nama Som Tum, atau salad pepaya hijau.


 




.


Prosesnya pun cukup mudah, pepaya hijau dipotong terbuka, dan bijinya dihilangkan yang kemudian diiris tipis sebagai bahan utama salad. Beberapa orang akan menambahkan wortel parut untuk warna juga. Pepaya tidak boleh matang, karena ini membantu memberikan tekstur renyah pada salad. Lalu pepaya hijau, kacang panjang, kacang tanah, dan tomat dimasukan ke dalam mortar dalam urutan yang tepat, sementara itu orang yang membuat secara konsisten memindahkan dan menghancurkannya dengan alu sampai bahan-bahan berubah menjadi bentuk cair, yang akan bertindak sebagai saus salad. Sisa bahan kemudian ditambahkan dan dicampur sebelum disajikan. 


 


Biasanya, orang akan menambahkan kacang panggang tambahan di atasnya untuk menambah tekstur dan rasa. Makanan Thailand terkenal karena asin, manis, pedas, asam, dan pahit-semuanya sekaligus. Salad pepaya salah satu hidangan ini yang mencakup semua rasa ini.


 


Pastikan jumlah cabai yang ditambahkan ke salad ini pas tidak berlebih, hidangan ini paling baik dimakan dengan kow neeyao, atau ketan, dan bagi mereka yang menikmati makanan laut, seperti kepiting seringkali dimasukan untuk menambah kerenyahan dan menambah cita rasa. Yang membuat pengunjung terkejut hampir setiap kali mereka melahap salad pepaya hijau.



.

Artikel Terkait