Si Kecil Berkhasiat Besar

admin   22 Juli 2019 Khasiat

.

Seledri adalah sayuran yang dikenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seledri merupakan tanaman berupa herba tegak. Daunnya mengeluarkan bau aromatis yang khas. Seledri biasanya hanya digunakan bagian daun dan batangnya untuk dimasak atau dijadikan jus. Untuk masakan, seledri dapat dimanfaatkan daunnya untuk menambah aroma yang sedap sehingga dapat menggugah selera makan. Secara tradisional, seledri digunakan sebagai pemacu enzim pencernaan atau penambah nafsu makan, antiradang, dan penurun tekanan darah. Kandungan utama seledri adalah minyak atsiri.

Selain daunnya yang memiliki banyak manfaat, ternyata biji seledri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mungkin banyak yang belum mengetahui jika biji seledri juga bermanfaat. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak manfaat biji seledri :


Menurunkan Tekanan Darah

Kita tahu, biasanya yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada seledri adalah rebusan daun seledri yang diminum. Namun selain daunnya, biji seledri jika dikonsumsi secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Biji seledri dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Biji seledri berpotensi membantu efektivitas pengobatan hipertensi. Cara mengkonsumsinya, biji seledri kita seduh dengan air panas, kita konsumsi seperti minum teh. Konsumsilah secara teratur, maka khasiatnya sangat luar biasa bagi kesehatan.


.

Mencegah Kanker

Biji seledri mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Ekstrak biji seledri dapat membantu mengagalkan perkembangan kanker hati. Selain itu biji seledri juga dapat membantu melawan kanker lambung.

Biji seledri bekerja menghambat penyebaran sebagian sel kanker lambung dengan merangsang sel baik yang penting untuk menghentikan penyebaran sel kanker. Antioksidan dalam biji seledri dapat melindungi dari kerusakan sel dan menetralkan radikal bebas.


.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seledri sangat bagus untuk pencernaan karena kandungan air dan serat yang tinggi. Rutin mengkonsumsinya dapat mengurangi peradangan dan mengurangi resiko mengembangkan tukak lambung.


Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat lainnya dari biji seledri adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Biji seledri banyak mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Kalsium dibutuhkan tubuh untuk memelihara dan menjaga kepadatan tulang, agar kita tidak mudah terserang osteoporosis bahkan tulang yang mudah patah. Biji seledri juga berguna untuk membantu membentuk jaringan tulang. Kita jaga tulang kita dengan biji seledri agar tulang kuat sampai tua.


.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Seledri merangsang produksi urine dan membantu mengurangi kadar asam urat, mencegah dan melawan infeksi saluran kemih serta infeksi bakteri yang lain.

Nah, banyak sekali kan manfaat biji seledri bagi kesehatan kita. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, percayalah besar manfaatnya bagi kesehatan. Namun meskipun  baik untuk kesehatan, lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Terutama jika biji seledri diolah dalam bentuk suplemen. Hati-hati juga dengan efek samping yang ditimbulkan terutama bagi yang alergi tehadap seledri dan juga bagi ibu hamil. Paskalis Andrew

 


Artikel Terkait