Semangka, Semua Bagiannya Bisa Dimanfaatkan

admin   27 Juli 2019 Khasiat

.

Semangka adalah salah satu buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi kapan saja. Daging buahnya renyah dan memiliki kandungan air yang cukup banyak, bisa bikin badan adem dikala cuaca sedang terik. Buah semangka juga menjadi buah favorit yang dihidangkan untuk makanan pencuci mulut. Tahukah kamu, jika semua bagian dari buah semangka bisa dimanfaatkan? Bagian daging buah

 Bagian utama yang pastinya dimanfaatkan dari buah semangka adalah daging buahnya. Kaya akan serat, membuat banyak orang memanfaatkan daging buahnya. Daging buah semangka bisa dijadikan sebagai minuman, seperti jus buah ataupun smoothies. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu dengan memblender daging buah semangka dengan air dan tambahan bahan lainnya.


.

Selain dibuat minuman, daging buah semangka juga dijadikan camilan yang seru seperti Sorbet, popsicle atau es yang ada gagan kagunya, semangka celup cokelat, atau puding. Cocok disajikan sebagai camilan ketika ngobrol bareng sobat, nih. Lebih segar dan tentunya lebih sehat! Selain dijadikan minuman dan camilan, semangka juga bisa dijadikan sebagai kue ataupun salad. Ada yang ulang tahun? Buatkan saja kue tart rasa semangka. Daripada black forest atau bolu, kan sudah mainstream. Rasanya gimana, ya? 


.

Manfaat Kulit

 Memanfaatkan daging buah semangka, sudah mainstream. Bagaimana dengan memanfaatkan bagian kulit semangkanya? Kulit dari buah semangka biasanya menjadi media favorit ketika ada tugas kerajinan mengukir buah. Bagian kulitnya akan diukir atau dibentuk sebuah gambar yang menarik. Kalau enggak bisa mengukir, kulit semangka juga bisa dimanfaatkan untuk membuat mobil-mobilan.


.

 

Buat para cewek-cewek yang ingin punya wajah cantik dan menarik, kulit semangka ini juga bisa dijadikan masker alami. Masker kulit semangka ini berfungsi untuk melembabkan kulit, mengatasi permasalahan jerawat, dan mengurangi minyak berlebih pada wajah!

Apakah kulit semangka juga bisa dikonsumsi? Bisa, dong. Beberapa makanan hasil olahan dari kulit semangka seperti tumis kulit semangka, manisan kulit semangka, atau keripik kulit semangka. Mau bikin tumis acar tapi kehabisan timun? Kamu bisa menggantinya dengan kulit semangka, nih! Bijinya. Ha? Bijinya?


.

Biji semangka gak perlu dibuang, karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Bahkan biji semangka ini bisa diolah menjadi camilan lezat, lho. Camilan yang paling terkenal sih, biji semangka panggang. Banyak manfaatnya, lho. Diantaranya adalah meningkatkan imunitas, baik untuk mengobati diabetes, dan mampu memperkuat akar rambut. Keren enggak, sih? Wah, ternyata banyak banget ya manfaat dari buah semangka ini. Tidak hanya buahnya, semua bagiannya ternyata berguna. Wah, sekarang setiap beli buah semangka, enggak ada bagian yang terbuang sia-sia, deh! Putri Aisya


Artikel Terkait