Selain Jeruk, 7 Bahan ini penghilangkan Amis

Administrator   19 Juni 2019 Tips n Trick

.

Memasak ikan  ada trik khususnya. Mulai dari cara membersihkan, mengolah, hingga menyajikannya. Salah satu problem dalam memasak ikan adalah bau amisnya. Jika tidak  dibersihkan dengan benar, bau amisnya masih akan menempel pada ikan. Tentu saja ini bikin sajian ikan jadi kurang lezat. Sebenarnya cara menghilangkan bau amis pada ikan itu cukup mudah. Kamu hanya tinggal mengandalkan beberapa bahan di bawah ini untuk menghilangkan bau amisnya. Selain jeruk, bisa pakai bahan apa lagi?


.

Kunyit

Kunyit memiliki aroma yang cukup tajam. Bahan ini sering dijadikan penghilang bau prengus pada daging kambing. So pasti bisa untuk menghilangkan bau amis pada ikan, Parut kunyit, lalu lumurkan pada ikan. Diamkan beberapa saat, lalu cuci hingga bersih. Mudah, kan? 


.

Air cuka

Air cuka juga berjasa untuk menghilangkan aroma amis ada pada ikan. Tuang sedikit cuka ke dalam air, lalu rendam ikannya selama kurang lebih lima menit. Bisa juga dengan mengoleskannya langsung pada ikan. Yang pasti, jangan lupa untuk mencuci bersih setelahnya, ya!


.

 Jahe

Jahe memiliki aroma yang khas dan kuat. Saking kuatnya, membuat jahe bisa digunakan untuk menyingkirkan bau amis pada ikan. Kamu hanya tinggal menghaluskan atau memarut jahe, kemudian balurkan ke ikan yang mau kamu olah. Setelah itu cuci hingga bersih.


.

Apel

Punya apel di rumah? Bisa juga dijadikan ‘senjata’ mengusir bau amis dari ikan, lho. Cara menggunakannya agak berbeda, nih. Iris buah apel, lalu masukkan ke dalam minyak atau air yang digunakan untuk mengolah ikan. Bau amis dari ikan akan terserap oleh buah apelnya.


.

Garam

Di setiap dapur, pasti punya bahan satu ini kan? Gunakanlah garam untuk mengatasi bau amis pada ikan. Balurkan garam ke ikan yang mau kamu olah, kemudian diamkan sekitar lima menit, lalu cuci hingga bersih. Oh iya, garamnya jangan terlalu banyak, ya. Takutnya malah keasinan! 


.

Asam Jawa

Ada dua cara menggunakannya. Cara pertama adalah dengan melarutkan asam jawa dengan air, kemudian rendam ikan yang telah dihilangkan sisik dan insangnya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan cuci bersih. Bisa juga dengan cara meremas asam jawa dan langsung membalurkanya ke badan ikan. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas.


.

Mentimun

Mentimun sering dijadikan sebagai lalapan ketika kita menyantap hidangan penyetan. Hal ini dikarenakan mentimun dapat memberikan rasa fresh di mulut. Itu sebabnya timun juga dapat digunakan untuk ‘menyegarkan’ ikan, sehingga enggak bau amis. Potong timun, lalu gosok ke ikan yang mau digunakan. Diamkan beberapa saat, lalu bilas. Sekarang kamu sudah bisa menyajikan sajian ikan yang lezat, tanpa khawatir bau amis! Putri Aisya


Artikel Terkait