Susu 6 Hewan Ini, Tak Kalah dari Susu Sapi

putri   06 Agustus 2019 Minuman


Kalau diperhatikan, mayoritas produk susu di Supermarket berasal dari hewan sapi. Betul? Ini mungkin membuatmu berpikir jika hewan sapi adalah hewan satu-satunya yang mampu memproduksi susu dan susu tersebut aman jika dikonsumsi oleh manusia. Eits, padahal susu bisa juga berasal dari hewan lainnya selain sapi. Terpenting, mereka aman untuk dikonsumsi!


Susu Kambing


Kambing yang biasanya dimanfaatkan susunya adalah kambing etawa. Dari segi kuantitas sih memang kalah dari susu sapi. Akan tetapi, kualitasnya setara dengan susu sapi. Sama sehatnya! Susu kambing itu rendah lemak dan kaya akan protein serta kalsium, lho. Biasanya sih, susu kambing sering dijadikan sebagai ‘obat’ untuk mengurangi peradangan. Kelebihan dari susu kambing ini mudah untuk dicerna oleh tubuh.


Susu Unta

Hewan khas Timur tengah ini juga bisa memproduksi susu yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia, lho. Susu unta kaya akan protein dan mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan susu sapi. Sayangnya susu unta hanya bisa dijadikan sebagai minuman susu saja, dan tidak bisa diolah menjadi keju. Kelebihannya adalah susu unta bebas laktosa, sehingga orang yang alergi dengan laktosa bisa mengonsumsinya.


Susu Kuda


Dibandingkan susu kambing dan susu sapi, susu kuda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Meski masih asing bagi orang Indonesia, namun susu kuda sangat familiar bagi penduduk Eropa dan Asia tengah. Susu kuda mengandung tinggi laktosa, namun rendah lemak. Secara komposisi, susu kuda dan susu kedelai memiliki kemiripan. Psst, katanya susu kuda sangat bagus bagi kesehatan kulit!


Susu Kerbau

Selain membantu para petani untuk membajak sawah, kerbau juga memproduksi susu. Psst, katanya kandungan kalsiumnya lebih tinggi dari susu sapi. Dalam pembuatan keju mozzarella juga biasanya menggunakan susu dari hewan kerbau ini, lho. Sayangnya meskipun susu kerbau tinggi akan kalsium, susu kerbau juga kaya lemak. Susu ini mungkin sulit dicerna.


Susu Yak

Yak adalah sejenis hewan lembu dengan rambut atau bulu yang menjuntai panjang, biasanya berwarna cokelat atau hitam, dan ditemukan di wilayah pegunungan Himalaya. Susu yak ini punya aroma yang ‘khas’ Ketika dinikmati, susunya akan terasa manis. Sayangnya, kandungan lemak dan proteinnya sangat tinggi, sehingga kurang bagus jika dikonsumsi secara rutin. Oh iya, tapi susu yak ini biasa diolah menjadi produk mentega ataupun keju, lho.


.

Susu Domba

Susu domba memiliki kandungan protein, zat besi, kalsium serta vitamin D yang cukup tinggi. Akan tetapi susu domba mengandung tinggi laktosa, bahkan lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Biasanya diolah menjadi produk olahan keju seperti keju feta ataupun yogurt.

Banyak juga ya ternyata hewan penghasil susu lainnya selain sapi. Kamu sudah pernah cobain susu dari hewan apa selain susu sapi, nih? Putri Aisya Pahlawani


Artikel Terkait