Segarnya Legenda Es Goyobod

admin   16 Juli 2019 Food Story

.

Es Goyobod? Bagi yang tinggal di  Jawa Barat, tentunya  sudah tidak asing lagi dengan minuman khas ini, minuman dingin yang berbahan dasarsantan ini berasal dari daerah Garut yang menurut sejarahnya es goyobod awal mulanya diperkenalkan di Jakarta.

Es tradisional asli Sunda ini sebenarnya berasal dari bahasa Belanda “Goyobod” yang artinya basah. Goyobod merupakan es tradisional yang memiliki citarasa unik berbeda dengan es-es tradisional yang berasal dari daerah lainnya.


.

Es Perantauan

Dalam segelas es goyobod, penikmat kuliner bisa merasakan kenyalnya aci, lembutnya potongan roti tawar, uniknya pacar cina sensasi asam-manis dari tape singkong, dan rautan buah kelapa yang gurih nan manis, menyatu dalam satu tegukan. Walaupun nama es goyobod berasal dari bahasa Belanda, es ini tidak mengandung keju sama sekali. Hanya kuahnya yang terdiri dari santan dan susu yang akan membuat es ini semakin gurih-gurih manis.

Es ini pertama kali diperkenalkan oleh Junaedi, seorang pedagang Sunda yang mengadu peruntungannya di Jakarta pada 1930-an. Junaedi beranggapan, Kota Jakarta yang panas, menjual es adalah hal yang tepat. Namun harapan Junaedi tidak sesuai dengan realita. Bertahun-tahun menjual es goyobod, ternyata es campur ini tidak pas di lidah masyarakat Jakarta. Untunglah Junaedi memiliki anak bernama Usep Suryana. Dialah yang bertekad melanjutkan usaha ayahnya. Tekadnya itu ia buktikan dengan membawa Es Goyobod ke Bandung pada 1940.


Pindah Bandung

Usep memulai dengan membuka gerainya di jalan Banceuy, salah satu tempat strategis di Bandung. Dengan komposisi yang sama, Usep berhasil membuat masyarakat Bandung untuk terus membeli Es Goyobod yang dijualnya. Walaupun laris, Usep hanya mampu menjual Es Goyobod sekitar lima tahun saja.

Tragedi Bandung Lautan Api, 1946 yang memaksanya untuk pindah keluar dari kota kembang. Tak ingin berlarut dalam kenyataan, Usep segera menggiring Es Goyobod ke Garut, tepatnya di Alun-Alun Kota Garut. Tak disangka, Garut menjadi rumah bagi es goyobod. Di kota inilah Es Goyobod menjadi legenda. Berbagai kejadian yang menimpa Es Goyobod dibayar habis oleh antusiasme warga Garut. Paskalis Andrew


Artikel Terkait