Sambiloto, Si Pahit berkhasiat

admin   19 Juli 2019 Khasiat

.

Sambiloto merupakan daun yang sudah tidak asing lagi dalam dunia pengobatan herbal. Daunnya yang sangat pahit tetap diminati oleh banyak orang karena meskipun pahit tapi sangat bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun yang satu ini sering diolah menjadi jamu bahkan ada yang langsung mengunyah daunnya. Dari rasa pahit daun yang sangat amat inilah manfaat daun sambiloto didapat.

Anda suka minum jamu pahitan? Jamu pahitan adalah jamu yang terdiri dari campuran beberapa tanaman herbal. Nah, sambiloto adalah salah satu kandungan jamu pahitan yang membuat rasa jamu tersebut sangat pahit.


.

Sambiloto memiliki batang bentuknya persegi empat, daunnya tunggal, bercabang banyak, bentuk daunnya memanjang, buahnya juga memanjang dan bunganya pada ujung tangkai. Sambiloto merupakan tanaman herbal yang sangat bermanfaat. Apa saja manfaatnya?  Inilah manfaat sambiloto bagi kesehatan.


.

Menjaga Fungsi Hati

Infeksi pada hati dapat bermacam-macam bentuknya dan setiap penyakit yang menyerang fungsi hati dapat mengganggu fungsi organ lainnya. Daun sambiloto dapat mengatasi beberapa gangguan hati seperti pembesaran hati, penyakit kuning dan kerusakan hati karena obat tertentu.


.

Mencegah Diabetes

 Manfaatnya yang sangat populer adalah dapat mengobati penyakit diabetes. Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah naik akibat insulin tidak diproduksi dengan baik. Dengan mengkonsumsi daun sambiloto dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dam tubuh kita.


.

Menyembuhkan Pilek dan Flu

Sambiloto mengandung antioksidan yang sangat banyak sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sambiloto dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati pilek dan flu. Influenza merupakan jenis infeksi virus yang disertai dengan gejala demam, sakit kepala, bersin-bersin, batuk dan lain-lain. Konsumsi sambiloto dipercaya dapat menurunkan semua gejala tersebut


.

Mencegah Penyakit Jantung

Daun sambiloto memiliki manfaat melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler. Sambiloto dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah serta dapat memecah gumpalan darah.Selain itu, sambiloto juga berkhasiat untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah, sehingga membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.


.

Menyembuhkan Infeksi

Sambiloto bersifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi yang dapat disembuhkan dengan bantuan sambiloto adalah sinusitis. Sambiloto dapat membantu menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus.


.

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Daun sambiloto dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai diare, sembelit hingga kolik abdomen. Dapat mengatasi gangguan pencernaan yang sering muncul yaitu sakit perut dan kembung.

Ternyata sangat banyak manfaat daun sambiloto, bukan? Mulai penyakit ringan sampai penyakit serius dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi daun sambiloto. Walaupun rasanya sangat pahit, namun manfaat yang dikandungnya sangat manis bagi kesehatan. Paskalis Andrew


Artikel Terkait