Nikmatnya Camilan Bunga

admin   12 Juli 2019 Ragam

.

Camilan bunga? Memang  masih terdengar aneh di telinga bukan? Sangat tidak lazim jika bunga dijadikan sebagai camilan bahkan ada anggapan bahwa memakan bunga adalah bagian dari  ritual mistis. Seperti almarhumah Suzanna, konon artis film horror ini  senang memakan bunga melati, kesan mistispun semakin lekat pada kepribadiannya sebagai ratu film horor.


.

Namun di Thailand, tepatnya di sebelah utara Bangkok yakni Koh Kret, bunga sebagai camilan, sudah  sangat populer dikonsumsi masyarakat di sana. Bahkan camilan bunga ini dijual di pinggir-pinggir jalan disajikan dengan saus pedas sebagai cocolannya. Sebutan untuk camilan bunga khas Thailand ini adalah Yum Dok Mai Chub Phang Thod. Yum Dok Mai Chub Phang Thod adalah salad bunga yang digoreng menggunakan minyak panas atau biasa disebut bunga goreng.

Selain di pulau Koh Kret, bunga goreng juga dapat ditemui diwilayah lain di Thailand, antara lain Somdet Phra Srinagarinda Park, Hua Hin, juga Prachuap Khiri Khan.
Selain di cocol, sausnyapun dapat langsung disiram pada bunga goreng tersebut. 



.

Sebelum diolah bunga harus dicuci, lalu dibalur dengan tepung tapioka agar bunga tidak mudah hancur dan menjadi renyah. Untuk saus cocolannya terdiri dari jahe, bawang putih, cabai dan air jeruk nipis.


Selain rasanya yang  gurih, camilan bunga ini  juga memiliki banyak manfaat yakni dengan
mengkonsumsi bunga goreng konon dapat membuat awet muda dan mengencangkan kulit serta dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti vertigo, flu, perut kram, sinusitis dan lain-lain.


.

Bunga goreng dipercaya memiliki manfaat mengagumkan buat tubuh berdasarkan rasa dan aromanya. Aroma wangi bunga bisa membuat perasaan lebih bahagia, membuat aroma badan lebih harum, awet muda dan cantik. Walau belum popular di Indonesia, namun bukan tidak mungkin camilan atau penganan bunga ini bisa dipasarkan di Indonesia. Paskalis Andrew.




Artikel Terkait