Nasi Kentut, Kuliner 'Jorok' Khas Medan

Esa Dandy Afriansya   17 Juli 2019 Selera Nusantara

.

Saat traveling ke Medan, rasanya rugi jika tak mencicipi bagaimana rasanya Nasi Kentut. Kenapa ya diberi nama yang jorok?

Mendengar nama makanan yang satu ini, anda pasti langsung tidak tertarik untuk mencobanya. Nama makanannya adalah Nasi Kentut. Nasi Kentut bukanlah nasi yang bisa kentut, atau nasi yang berbau kentut. Nasi Kentut merupakan kuliner khas Medan yang sangat terkenal. Nasi Kentut memiliki cita rasa yang begitu berbeda dengan yang terbayang dari namanya. Daun kasembukan atau sering disebut daun sembukan

Nasi ini sebenernya nasi biasa yang dibungkus dengan daun. Namun daun yang digunakan untuk membungkus nasi ini yaitu daun sembukan atau yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatera. Walau nama nasi ini aneh.Rasa nasi yang dimasak dengan daun kentut ini sungguh sangat lezat, nasi yang pulen ditambah bumbu rempah-rempah yang gurih dikukus dengan balutan daun yang aromanya sangat menggoda. Saat bungkusan daunnya dibuka, Anda akan mendapati warna nasi kentut yang kehijauan disertai aroma yang menggugah selera. Untuk melengkapi makanan ini, tersedia pula lauk berupa ayam goreng, ikan pepes, tempe dan tahu goreng. Tersedia pula sambal sebagai penambah rasa nikmat jika anda penggemar masakan pedas.


daun sembukan, memperlancar pencernaan.

Bermanfaat

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam daun sembukan. Salah satunya untuk melancarkan pencernaan, untuk sariawan dan juga penyakit lambung. Karena mengandung banyak serat yang diperlukan tubuh. Tumbuhan merambat ini sudah lama dikenal masyarakat, baik sebagai tanaman pagar, maupun tanaman liar yang daunnya bisa dimanfaatkan sebagai campuran lauk.

Ada juga rempah lain, seperti kunyit yang dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Yang membedakan Nasi Kentut dengan kuliner lain adalah lauk yang ada di dalamnya. Ada beragam pilihan, seperti ikan pepes, ayam goreng, bahkan ikan teri.

Tak hanya lauk sebagai isian yang membuat hidangan ini menjadi lebih enak. Agar cita rasanya semakin sempurna, biasanya disajikan dengan berbagai sambal sebagai teman santap. Di antaranya ada sambal hijau yang sudah identik dengan Sumatera, juga ada sambal terasi yang aromanya sangat menggoda. Harga dari kuliner Medan ini sangat terjangkau, yaitu berkisar dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 saja. Bagi anda yang berkunjung ke daerah Medan jangan lupa mencicipi kuliner lezat ini. Paskalis Andrew


Artikel Terkait