Mengenal Makanan Probiotik dan Prebiotik

Administrator   10 Juni 2019 Ragam

Probiotik dan Prebiotik

Jumlah Seimbang Kesehatan Tubuh Terjaga

Beberapa tahun terakhir ini,  muncul tren baru yaitu masalah kesehatan perut dan saluran cerna. Topik ini dianggap penting karena bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Saluran cerna juga sangat penting untuk penyerapan nutrisi hingga pembuangan. Kalau ada masalah pada salah satunya kemungkinan besar berdampak besar pada tubuh secara menyeluruh.

Dan tren ini memunculkan gaya hidup menjaga kesehatan pencernaan  dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik atau prebiotik. Apa itu Probiotik? Probiotik adalah Bakteri hidup dan banyak terkandung pada makanan atau minuman tertentu. Bakteri ini berjenis bakteri baik karena bisa memberikan manfaat untuk tubuh bukan bakteri patogen yang menyebabkan gangguan kesehatan.

Sementara Prebiotik adalah, makanan yang sebagian besar kandungannya serat, tapi tidak dicerna oleh tubuh atau serat tidak larut. Serat ini adalah makanan untuk bakteri baik yang ada di dalam usus.

Saat mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik dan prebiotik, ada baiknya yang jumlahnya seimbang. Dengan jumlah seimbang, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan tidak ada gangguan dengan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Bakteri baik di dalam usus justru menjaga sistem pencernaan dari jamur hingga bakteri lain yang masuk dari luar atau makanan. Dampaknya, saluran cerna akan susah untuk ditembus.Bakteri yang ada di dalam usus juga memberikan sinyal kepada sistem kekebalan tubuh kalau terjadi masalah seperti Infeksi dari bakteri lain.

Beberapa jenis bakteri yang ada di dalam usus juga menghasilkan asam lemak rantai pendek dan vitamin K. Dua nutrisi ini sama-sama bermanfaat untuk tubuh meski karang sekali dibicarakan oleh banyak orang.


Beda prebiotik dan probiotik

Makanan Probiotik

Makanan yang mengandung bakteri hidup jumlahnya ada banyak. Bakteri baik ini akan memberikan manfaat yang besar termasuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung prebiotik.

·         Yoghurt dan olahannya

·         Kimchi dan olahannya

·         Kombucha yang merupakan teh fermentasi

·         Kefir

·         Fermentasi sayuran lain sejenis acar

·         Tempe

Makanan berjenis prebiotik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan dengan kandungan prebiotik baik untuk makanan bakteri. Makanan ini terdiri dari:

·         Kacang-kacang

·         Biji-bijian

·         Polong-polongan

·         Oat dan olahannya

·         Pisang dan buah yang mengandung serat tidak larut lainnya

·         Aneka buah beri

·         Asparagus

·         Bawang putih

·         Bawang merah

·         Daun bawang

·         Dan makanan dengan kandungan serat tidak larut lainnya.

Makanan yang disebutkan di atas sebagian besar sudah banyak kita konsumsi sehari-hari. Namun, kita kerap tidak menyadarinya. Setelah mengetahui makanan di atas, coba lakukan variasi pengolahan agar selalu mendapatkan makanan enak dan sehat. Selain itu jangan makan berlebihan karena bisa memicu kembung dan kentut berlebihan. Sumber: dokter sehat.com



Artikel Terkait