Makanan Perang Tentara Nasional Indonesia

andrew   02 Agustus 2019 Food Story

.

17 agustus 1945, tanggal yang sangat sakral bagi rakyat indonesia. Rakyat Indonesia terbebas dari penjajahan bangsa lain. Kemerdekaan tidak serta merta karena kekuatan militer yang kuat dan senjata yang canggih. Tapi karena adanya organisasi tentara yang dicintai rakyatnya.

Jika dulu pada masa mempertahankan kemerdekaan ini, banyak rakyat Indonesia membentuk laskar-laskar perjuangan sendiri atau badan perjuangan rakyat. Bahkan untuk urusan logistik mereka juga mengandalkan bantuan dari masyarakat.

Seiring perjalanan waktu, Pemerintah Indonesia  menyempurnakan organisasi tentara yang modern dan profesional. Dan salah satu unsur penting dari tentara selain sejata adalah ketersediaan ransum dan logistik. Ransum menjadi sangat penting karena, sehebat apapun tentara, haruslah cukup asupan gizi lewat makanan.


.

Sebenarnya, setiap tentara di seluruh dunia ini  memiliki makanan yang dipacking khusus untuk disantap pada medan perang. Makanan ini memiliki nama yang beragam di berbagai negara contohnya di negara kanada biasa disebut dengan IMP, IMP merupakan singkatan dari individual meal pack). Di Jerma sering disebut EPA (eimannpackung), dan masih banyak lagi sebutan-sebutan yang digunakan.

Di indonesia sendiri sering dikenal dengan ransum, ransummerupakan makanan khusus yang selalu dibawa tentara di medan perang. Makanan ini telah ditakar secara teliti sehingga dapat memberikan asupan gizi yang dibutuhkan para tentara saat menjalankan tugas mereka.

Bagi tentara yang bertugas di wilayah berpenduduk, permasalahan makanan dan perbekalan v bukan v masalah yang utama. Namun, bagi mereka yang harus bertugas di medan perang atau di alam terbuka, satu-satunya cara untuk bertahan hitup adalah dengan membawa bekal atau ransum.

Makanan yang dibawa pun beragam jenis, kemasan yang biasa digunakan berupa plastik dan kaleng yang lebih mengejutkan makanan yang ada didalam kemasan dapat bertahan sampai setahun. Kali ini kita akan membuatkan anda daftar makanan ransum TNI:


.

T2 – ABC

T2 – ABC memilki fisik yang hampir sama dengan kaleng kornet, biasanya T2 – ABC memiliki berat sekitar 400 gram dan terdiri dari beberapa pilihan menu khas masakan indonesia seperti contohnya nasi empal daging, nasi gudeg daging, nasi tumis daging cincang hingga nasi ayam bakar pun tersedia. Ransum tersebut cara penyajiannya sangat mudah tentara hanya perlu memanaskan makanan yang ada dalam kaleng beberapa saat. T2 – ABC bisa disantap oleh dua orang tentara.


T-2FD

T – 2FD merupakan ransum yang ada didalam kemasan plastik. T-2FD adalah jenis ransum yang telah dikeringkan sehingga proses pengolahan hanya tinggal diseduh dengan air hangat dan ditutup dengan rapat selama 15 menit. Setelah kurang lebih 15 menit maka kemasan akan menggelembung dan menyerupai bantal yang menandakan makanan telah siap untuk disantap. Bentuk yang menyerupai bantal ini membuat T-2FD disebut sebagai nasi bantal.


.

FD-3

Merupakan ransum yang berbentuk susu bubuk. Ransum ini berguna menambahkan asupan kalsium dan protein bagi para tentara 


TB -1

TB – 1 merupakan ransum yang berbentuk kemasan plastik dalam kemasan terdapat biskuit yang berjumlah 12 keping. Biskuit ini memiliki rasa yang hambar meskipun rasanya hambar jika kita makan satu keping biskuit dapat menahan lapar selama 12 jam. Paskalis Andrew

 

 

 


Artikel Terkait