Lidah Tak Lagi Gatal Usai Makan Nanas

andrew   07 Agustus 2019 Tips n Trick

.

Kenapa lidah gatal setelah makan nanas? Nanas merupakan buah yang kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. Nanas banyak mengandung vitamin, zat besi, magnesium dan zat-zat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu, nanas rasanya enak dan segar. Tapi dengan rasanya yang enak dan segar, ada sebagian orang yang menghindari untuk tidak mengkonsumsi buah ini karena menyebabkan lidah gatal.

Padahal ada trik jitu agar lidah tak gatal usai makan nanas dan kita tidak khawatir lagi untuk dapat menikmati segarnya nanas. Nanas juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah sariawan dan meningkatkan imunitas. Bahkan buah ini bisa menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.


.

Penyebab lidah gatal usai makan nanas dikarenakan nanas mengandung enzim alami yang bernama bromelain. Bromelain dengan mudah memecah protein yang ada pada jaringan di lidah saat kita mengunyah nanas. Terkadang selain gatal, lidah juga akan mengalami sedikit pembengkakan. Tetapi semua ini tidak berbahaya bagi kesehatan.

Tetapi efek gatal setelah makan nanas dapat diatasi dengan beberapa trik yaitu mengupas buah nanas hingga betul-betul bersih. Lalu mencucinya di bawah air mengalir. Setelah dipotong bubuhkan sedikit garam halus ke beberapa bagian nanas, diamkan beberapa saat.. Selain air garam, memadukan nanas dengan yogurt dan es krim juga bisa mengurangi rasa gatal di lidah. Hal ini dikarenakan enzim bromelin bisa memecah protein yang ada pada es krim dan yogurt dibanding yang ada pada jaringan lidah.


.

Selain membubuhkan sejumput garam, menambahkan gula pada potongan nanas juga dapat menghindari lidah gatal karena gula dapat menyamarkan enzim bromelain yang ada pada nanas. Dengan merebus atau memanggang nanas, dapat menghilangkan enzim bromelain penyebab gatal pada mulut dan tenggorokan.

Buang bonggol nanas hingga benar-benar bersih saat disajikan karena bagian bonggol memiliki kadar bromelain tertinggi dibanding bagian nanas yang lain. Satu yang tak boleh lupa yakni pilihlah buah nanas yang matang. Nanas yang belum terlalu matang memiliki kandungan bromelain yang tinggi yang dapat meningkatkan resiko gatal menyengat pada bibir hingga mulut bagian dalam.


.

Sekarang tidak usah khawatir lagi jika kita hendak makan nanas karena ketika kita mengunyah dan menelan nanas, air liur dan asam lambung akan menetralisir bromelain. Rasa gatal ini tidak akan bertahan lama. Sifatnya yang antiperadangan, bromelain berperan memperbaiki kerusakan sel dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Paskalis Andrew

 


Artikel Terkait