Lezat Bermanfaat Tempe Mendoan

andrew   10 Agustus 2019 Khasiat

Menemani sore dan diwaktu santai, foto:banjarnegara.

Pernahkah Anda mengunjungi Kota Purwokerto? Apa justu malah Anda orang asli dari Kota Purwokerto. Bagi Anda yang berasal dari Purwokerto maka tak asing mendengar nama tempe mendoan. Tempe mendoan merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Kota puwokerto, Jawa Tengah.

Kota Purwokerto, Jawa Tengah menjadi terkenal karena Tempe Mendoannya yang nikmat. Tak hanya nikmat namun tempe mendoan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh manusia. Dalam tempe mendoanpun banyak mengandung vitamin, protein, antibiotic natural, kalsium yang tinggi dan dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.


 


 Mendoan memiliki cerita yang sangat panjang yang tak banyak diketahui oleh orang di Indonesia. Tempe ini berasal dari olahan kedelai yang berasal dari Indonesia. Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun, makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.



.

Senyawa Kompleks

Tempe mendoan memilki senyawa vitamin b3, niacin, riblovin serta vitamin b2 yang memiliki peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan riboflavan berguna bagi kesehatan mata serta kulit. Selain dapat membantu dalam proses metabolisme tubuh. Tempe mendoan ini memilki beberapa manfaat lain salah satunya sebagi sumber protein. Makanan ini memiliki kandungan protein serta asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Kemudian, senyawa protein ini mampu mempertahankan jaringan otot serta membuat enzim berguna untuk kebutuhan sel di dalam tubuh.



.

Artikel Terkait