Kenali Jenis Kematangan Steak Pilihanmu!

Administrator   27 Mei 2019 Ragam

Tahukah Anda jika steak itu punya  5 tingkat kematangan? Jika  Anda datang ke restoran steak, Anda   akan ditanyai mengenai pilihan tingkat kematangan daging steak yang diinginkan. Yuk, kenali   tingkatan kematangan steakmu. 


Masih terlihat merah dan juicy

Rare

Orang Eropa dan Amerika   menyukai tingkat kematangan rare. Pada pilihan ini,  daging steak hanya dimasak sekitar 3 menit di setiap sisinya. Warnanya masih kemerahan menandakan jika dagingnya belum terlalu matang. Tekstur dagingnya sangat juicy. Mungkin tidak semua orang Indonesia menyukai tekstur daging steak dengan tingkat kematangan rare ini. 


Satu menit lebih lama dari rare

Medium Rare

Banyak yang bilang, medium rare adalah   tingkat kematangan steak yang paling pas. Dimasak lebih lama satu menit dibandingkan rare,  sehingga  dagingnya masih juicy. Kematangan daging kira-kira 50 persen matang. Dagingnya masih terlihat kemerahan, namun tidak seperti rare. 


Banyak disukai orang

Medium

Daging dalamnya masih agak kemerahan namun sudah tidak terlalu terlihat seperti medium rare. Tekstur dagingnya masih berair, namun mulai sedikit padat. Setiap sisinya dimasak sekitar 6 menit. Ini adalah tingkat kematangan yang disukai secara universal. Tidak terlalu mentah, namun tidak terlalu matang juga.


Orang Indonesia suka tingkatan kematangan ini

Medium Well

Tingkat kematangan steak ini sudah membuat daging steak menjadi lebih kesat dan padat. Dagingnya pun menjadi lebih berserat. Warna merah mulai tergantikan sepenuhnya dengan warna kecokelatan. Kebanyakan orang Indonesia menyukai tingkat kematangan medium well. Dagingnya masih terasa empuk.


Well done

Ini adalah tingkat kematangan steak yang paling matang. Tiap sisinya dimasak 10 hingga 12 menit. Dagingnya menjadi full kecokelatan tanpa ada warna merah sedikitpun. Sudah bisa dipastikan bahwa keseluruhan dagingnya telah matang. Buat mereka yang enggak suka sesuatu yang kenyal dan lebih suka yang kesat juga padat, mungkin akan suka daging jenis ini.

Sekarang, Anda sudah tidak  bingung lagi bukan   kalau ditanya pilihan tingkat kematangan steak. 


Artikel Terkait