Kecap, Nama Pemberian Opsir Inggris

andrew   09 Agustus 2019 Food Story

.

Berwarna hitam kental memiliki rasa yang manis dan berasal dari kedelai begitulah gambaran dari sebuah kecap. Dalam bahasa inggris kecap di sebut soya sauce, sebutan kecap sendiri berasal dari dataran Cina sekitar 3000 tahun, dengan sebutan koechiapatauke-tsiap yang dalam terjemahan bebasnya berarti   kuah ikan atau saus ikan.

Sedangkan catatan penemuan kecap manis di indonesia yang ada hanya di Pulau Jawa. Tetapi, di dalam buku tulisan Sir Thomas Stamford Raffles yang berjudul The History of Java, sudah ada catatan tentang kedelai dan kecap. jadi, kedelai, tempe, dan kecap sudah ada di Jawa pada abad ke-18.



.

Konon pada zaman kolonial, ketika Inggris menguasai Jawa, seorang opsir Inggris  yang tengah mengawasi proses bongkar muat kedelai, menjadi sangat gusar. Saat itu ada seorang kuli angkut yang ia anggap bekerja dengan malas-malasan. Mulai kehabisan kesabaran, sang opsir   berteriak kepada kuli untuk segera membawa kacang kedelai itu ke gudang.Tentara itu berteriak, "Catch up! Catch up!".

Orang Jawa mengartikan"catch up"sebagai kacang kedelai. Ketchup/kecap menurut kamus, berasaldari kata kehjup, kemudian merambah keranah Sumatra atau Melayu menjadi kitjap, dan kemudian turunan masuk kedalam bahasa Inggris menjadi ketchup.

Di Indonesia kecap banyak digunakan untuk menambah cita rasa makanan dan topping untuk makan-makanan ringan seperti bakso, dan gorengan. Namun yang perlu diketahui bahwa kecap memiliki beragam jenis. Jenis-jenis kecap ini memiliki cita rasa yang berbeda dan memiliki kegunaan yang berbeda pula pada suatu masakan. Kali ini akan makanabis buatkan daftar jeniskecap :


.

Kecap Manis

Kecap manis merupakan kecap yang paling mudah ditemui. Kecap manis dibuat dari hasil fermentasi biji kedelai atau kedelai hitam, lalu dicampur aneka rempah, jadilah kecap yang kental, berwarna hitam, dan rasanya manis. Kecap manis biasanya digunakan untuk menambah cita rasa manis pada makanan. 


.

 Kecap Asin

Kecap asin memiliki cara pembuatan yang hampir sama dengan kecap manis, hanya saja kecap asin dicampur garam yang lebih banyak. Tapi, selain dari kedelai hitam, beberapa kecap asin juga ada yang dibuat dari ikan laut. Warna kecap asin lebih terang (transparan) dibandingkan kecap manis dan lebih encer.


Kecap Inggris

Kecap inggris disebut juga worcestershire saucea tau worcester sauce,berbentuk cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan aroma yang harum. Dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawangmerah, cengkeh dan bawangputih, kecap inggris ini sering digunakan sebagai penyedap utama makanan berbahan dasardaging. 


.

Kecap Air Kelapa

Kecap air kelapa adalah pemanfaatan dari buah kelapa yang memang merupakan komoditi yang dapat diandalkan di Indonesia, tetapi pemanfaatannya masih terbatas dan kebanyakan diprioritaskan untuk kelapa yang juga berlimpah untuk pembuatan minyak kelapa, kopra dan lainnya sehingga masih belum banyak alternative untuk mengoptimalkan pemanfaatan air kelapa untuk menjadi suatu produk yang murah dan pembuatannya mudahya itu kecap manis dan asin, air kelapa akan memberikan rasa gurih pada kecap yang di hasilkan. Pembuatan kecap air kelapa sama dengan pembuatan kecap dan kacangkedelai, bahkan jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu pembuatan yang terlalu lama


.

Kecap Jamur

Seperti namanya, kecap ini menggunakan tambahan jamur sebagai bahan dasarnya. Selain digunakan pada aneka masakan Cina, kecap jamur juga sering kali ditambahkan pada hidangan vegetarian.


Kecap Jepang

Kecap Jepang atau shoyu juga merupakan hasil fermentasi kedelai dengan rasa yang sedikit asin dan gurih. Umumnya, ada dua jenis shoyu yang bisa temui di supermarket, yaitu koikuchi yang lebih pekat dengan aroma yang kuat, serta usukuchi yang lebih encer dan ringan. Shoyu biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap maupun bahan perendam untuk aneka masakan Jepang. Paskalis Andrew


Artikel Terkait