Kamus Dunia Kopi (Part 1)

andrew   05 Agustus 2019 Minuman

.

Ketika anda hendak membeli kopi anda pasti melihat merk, jenis kopi, dan expired date. Dan tidak membaca label secara keseluruhan yang ada pada bungkus misalnya seperti yang tertulis di kopi gayo roast : light, taste : rich, earthy, dan spicy notes. Dengan istilah rich, earthy, dan lain-lainnya akan lebih memudahkan mengetahui rasa dan teknik pemanggangannya.

Minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas utama kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).


.

Sebelum dapat diminum kopi melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan  kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Sejarah mencatat penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi, ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benuaAfrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.  Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.  Saat ini Indonesia telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kankerdiabetesbatu empedu, dan berbagai penyakit jantung.

Bagi anda yang masih baru mulai berkecimpung di dunia perkopian maka akan asing dengan istilah-istilah itu. Dan yang anda lakukan malah beli kopi yang terkenal karena namanya bukan karena rasa yang sesuai dengan ke inginan anda. Maka dari itu makanabis hadirkan  daftar istilah kopi agar anda dapat minum kopi sesuai karakter Anda.


.

Acidity

Acidity merupakan istilah kopi, tapi bukan berarti tingkat keasaman atau pahit yang di nilai. Melainkan yang diniliai adalah sensasi yang di rasakan ketika kopi di dalam mulut, energi, perasaan. Dengan mengetahui kadar acidity dalam kopi akan membantu untuk mengetahui kualitas kopi.


.

Body

Body merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan gambaran perasaan kuat atau ketebalan rasa saat di lidah kita. Body memiliki level yang dimulai dari light hingga full. Kopi dengan body yang makin kuat, rasanya akan bertahan ketika diencerkan. Paskalis Andrew/Berbagai sumber (bersambung)


Artikel Terkait