Kamus Dunia Kopi, Aroma (Part 3)

andrew   08 Agustus 2019 Minuman

.

Pencinta kopi saat ini sudah menuju to next level. Saat ini memasuki  era speciality coffee, banyak pecinta kopi tak hanya menjadi penikmat tapi mempelajari karakter aroma kopi, sehingga coffee drinker kini mulai mengerti karakter rasa kopi yang mereka minum. Konsistensi dari aroma kopi itulah yang menjadikan sebuah kopi dikatakan spesial.

Selain karakteristik  rasa pada kopi, (fragrance) aroma kopi merupakan salah satu yang terpenting dalam penilaian kopi.  Untuk memulai pengenalan aroma, biasanya diawali dengan cupping coffee, aroma dapat membantu mengevaluasi karakter rasa dan juga body kopi. Sebelum disesap, aroma kopi seperti memberi sugesti apakah karakter rasanya sweetfruitynutty atau lainnya.


.

Menganalisa Aroma Kopi
Cupping pada prosesnya hampir sama tahap-tahapannya. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan mereka yang menganalisa kopi menemukan caranya tersendiri. Untuk mengenal karakter dari kopi pada umumnya memerlukan beberapa orang untuk menganalisanya, agar dapat disimpulkan dari beberapa pendapat, karakter apa yang dominan dimiliki si kopi ini.

Sebelum kopi dirasai, langkah awal adalah mengenal fragrance yang keluar dari si kopi. Setelah menyiapkan beberapa keperluan untuk persiapan prosesi cupping, ritual pun dimulai. 


.

LangkahPertama, biji gilingan sampel dimasukkan pada cup kemudian ditutup. 15 menit kemudian buka tutup cup dan mulai endus kopi tersebut. Ketika sudah didapatkan aroma kopi giling, melanjutkan prosesinya, kini si kopi akan diberikan air panas untuk   membasahi kopi giling. Sekitar 3 menit dibiarkan air membasahi kopi tapi tidak lebih dari 5 menit.


Lanjut mengendus si kopi dengan sendok, mengaduknya terlebih dahulu lalu mengendusnya melalui bagian belakang sendok. Sebagian kalangan melakukan stabilisasi suhu sendok dengan membasasi sendok dengan suhu air yang sama sebelum masuk pada larutan kopi di cup. 


.

Kemudian, penilaian aroma kopi berdasarkan evaluasi antara aroma kopi saat kering dan aroma kopi saat dibasahi air. Untuk mencari konsistensi aroma, biasanya proses cupping tidak hanya satu cup bisa saja lebih. Untuk memudahkan saat evaluasi aroma, kamu harusnya sudah mengerti jenis aroma pada kopi.

Untuk mengenal aroma kopi, setidaknya hidung seseorang peka terhadap jenis-jenis aroma dasar dari kopi. Minimal aroma dasar seperti, buah-buahan, rempah, dan kacang. Untuk melatih indra penciuman agar peka terhadap aroma, biasanya harus ramah terhadap tiap-tiap jenis aroma.


Earthy

Setiap kopi memiliki macam – macam aroma, aroma ini menjadi salah satu ciri khas yang ada didalam kopi. Earthy merupakan aroma yang sering kita rasakan pada biji kopi khas sumatera. Karakter aroma yang dihasilkan seperti tanah atau debu yang tertinggal di biji kopi yang lama tersimpan digudang penyimpanan yang dekat dengan tanah

Floral

Floral merupakan jenis aroma kopi yang beraromakan bunga kopi yang memiliki aroma floral bisa anda temui pada kopi wamena.

Hidey

Hidey adalah istilah yang digunakan untuk kopi dengan Rasa dan Aroma seperti kulit.

Sweetness

Sweetness merupakan istilah untuk menggambarkan rasa manis yang terkandung pada kopi, sweetnees memiliki beberapa kategori seperti molasses, muscovado, sugary dan masih banyak lainnya . Paskalis Andrew/ berbagai sumber (habis)


Artikel Terkait