Kamu Penggemar Burger? Yuk Baca Sejarahnya!

Administrator   14 Juni 2019 Food Story

Sajian roti, daging, sayuran yang ditumpuk jadi satu ini memang nikmat. Apalagi jika ditambahkan lumeran keju dan saus pedas. Bahkan, makanan ini pun sudah mendunia dan bisa ditemukan di mana saja. Penggemarnya juga dari berbagai kalangan dan usia.

Ya, Hamburger memang enak dan bahkan bisa dibikin sendiri. Apalagi sekarang ini banyak sekali berbagai varian rasa dari Hamburger.


Sejarah Awal

Burger atau Hamburger sudah dikenal ribuan tahun lalu. Ada banyak teori yang mengatakan asal mula burger ini. Ada yang menyebut burger pertama kali muncul di Hamburg, Jerman pada abad pertengahan. Saat itu Hamburg merupakan pusat pertemuan antar pedagang dari Arab dan Eropa. Saat itu para pedagang Arab sering makan makanan yang disebut Kibbeh, berupa daging kambing cincang dicampur dengan rempah-rempah lantas dipanggang. Penduduk Hamburg kemudian mulai berkenalan dengan makanan ini, hanya saja mereka menggantinya dengan daging sapid dan mengolahnya dengan teknik memasak ala mereka sendiri. Dari sinilah kemudian munculah nama Hamburger Steak yang kemudian menjadi sangat popular.


Kata Hamburger pertama kali muncul pada buku milik Delmonico restoran di New York pada 1834. Sedangkan roti untuk hamburger sendiri yang disebut bun, menurut sejarahnya muncul saat diciptakan oleh J. Walter Anderson, seorang koki istana di 1916. Semenjak itu daging burger dan roti bun bertemu menjadi hamburger seperti dikenal sekarang ini.

Hamburger sekarang ini telah mendunia. Hampir disemua Negara dapat ditemui makanan khas ini. Saat ini hamburger tidak hanya dapat dinikmati di hotel hotel, restoran atau jarangan rumah makan cepat saji, tetapi di mini café, counter pinggir jalan dengan aneka cita rasanya. Di Indonesia, hamburger bahkan sudah begitu populer terutama dikalangan anak-anak, remaja dan kaum muda. Rasanya yang enak dan mudah dinikmati di mana saja dan kapan saja, sehingga menjadi makanan pilihan bagi kaum urban. Celine


Artikel Terkait