Jangan Sampai Kelaparan Saat Camping

andrew   08 Agustus 2019 Ragam

Camping atau berekemah sering dikenal sebagai kegiatan rekreasi diluar ruangan umumnya dilakukan untuk beristirahat, ataupun menikmati keindahan alam. Lokasi berkemah biasanya  di lokasi perkemahan, daerah pegunungan, hutan, sampai pantai. Berkemah bisa dengan mendirikan  tenda sebagai tempat tinggal sementara. Ada juga yang membangun bivak, bivak pada prinsipnya sama seperti tenda namun yang membedakannya dengan tenda pada bagian rangka dan atap yang menggunakan sumber daya sekitar misalnya kayu, ranting, dan daun. 

Buat Anda yang ingin beraktivitas outdoor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang perlu diperhatikan mulai dari persiapan mental, fisik, peralatan kemah, sampai makananpun harus sangat dipersiapkan dengan matang. Manusia tak bisa lepas dari yang namanya makanan, makanan merupakan kebutuhan primer manusia yang harus terpenuhi setiap harinya. Jika manusia kekurangan makanan maka akan menyebabkan badan kurang bertenaga, pingsan, sakit, hingga berujung dengan kematian.  Kali ini makanabis membuatkan daftar makanan yang cocok untuk dibawa pada saat berkemah. Langsung aja kita bahas :


.

Mie instant

Mie instant adalah makanan yang sangat mudah dibawa pada saat kemah. Ketika berkemah mie instant bisa dibuat hanya dengan seduhan air panas, tak hanya mudah untuk dibuat. Mie instant juga bisa memberikan kalori sebanyak 370 kalori pada satu porsi mie seberat 70 gram. Tentu kalori ini lebih banyak dibandingkan nasi yang hanya menghasilkan 91 kalori. 


.

Roti
Jangan lupa membawa roti. Roti merupakan salah satu makanan yang bisa bertahan cukup lama. Anda pun bisa kapan saja menyantapnya ketika lapar menyerang.Jika ingin lebih nikmat, bawa pula selai kacang atau selai lain yang disukai. Roti juga asyik dinikmati dengan dibakar di atas api unggun, jadi sangat cocok ketika dibawa pada saat berkemah.


.

Makanan Kaleng
Jika tidak mau repot, Anda bisa membawa makanan kaleng. Selain praktis untuk dibawa, makanan kaleng juga rentan mengalami pembusukan karena sudah ada tanggal kedaluarsa. Untuk menikmati makanan kaleng juga tidak terlalu sulit. Anda tinggal membuka penutup dan bisa langsung menyantapnya. Beberapa makanan kaleng yang bisa dibawa adalah sarden, dan kornet.


.

Biskuit & Kacang

Biskuit, kacang, dan kerupuk adalah beberapa pilihan makanan ringan yang baik dibawa ketika berkemah. Mereka bisa bertahan lama dibanding makanan lain.
Kacang dan biskuit juga cukup awet. Anda jadi tak perlu takut makanan akan basi atau rusak sebelum disantap.


.

Gula Merah

Gula jawa atau gula merah ini ternyata memberi manfaat ketika badan sedang lemas saat perjalanan. Gula jawa termasuk makanan yang mengandung banyak karobohidrat dan glukosa yang terkandung di dalamnya yang mudah untuk dicerna. Dan ternyata baik dikonsumsi untuk penderita anemia. Tentu dari segi harga relatif lebih murah dari pada harga sebatang dark cokelat yang di jual di supermarket. Tak perlu banyak-banyak, setengah ruas kelingking cukup untuk satu orang dan siap menemani pendakian. Simpanlah di pinggir tas carrier agar mudah di ambil ketika dibutuhkan. -Paskalis Andrew-


Artikel Terkait