Ini 7 Jenis Mie Paling Populer

Administrator   19 Juni 2019 Ragam

.

Siapa yang suka banget makan mie? Mie adalah salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang, karena bisa diolah menjadi beragam sajian yang menarik dan tentunya mengenyangkan. Mungkin Anda sering menemukan mie dengan bentuk yang berbeda satu sama lainnya. Jadi, sebenarnya ada berapa jenis mie yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari? Kita simak jenisnya di bawah ini, yuk!


.

Mie telur

Kalau kamu mendengar kalimat “mie”, pasti yang ada dipikiranmu adalah jenis mie ini. Mie ini berwarna kuning pekat, bentuknya panjang, sedikit kurus dengan ketebalan yang pas. Disebut dengan mie telur karena selain dibuat dari tepung terigu jenis hard wheat, ditambahkan juga dengan telur. Kamu akan dengan mudah menemukannya di supermarket terdekat, dalam keadaan kering. Mie telur bisa diolah menjadi beragam sajian yang nikmat, seperti mie goreng beragam isian.


.

Suun

Mie khas Tiongkok ini terbuat dari campuran tepung kentang dan tepung kacang hijau. Bentuknya sangat tipis, berwarna putih dan mudah patah. Dijual dalam keadaan kering dan mungkin mengingatkanmu pada senar. Mie jenis ini biasa dijadikan bahan isian di pastel goreng. Sebelum diolah, suun ini harus harus direndam dulu dengan menggunakan air panas supaya lebih lunak, namun tidak perlu terlalu lama.


.

Kwetiau

Ini adalah mie yang berasal dari China. Berbeda dari mie lainnya, kwetiau memiliki bentuk yang pipih. Warnanya putih pucat cenderung kekuningan, sedikit tebal dan terbuat dari tepung beras dan air. Setelah dimasak dan dicicipi, teksturnya akan lembut dan kenyal. Mie jenis ini biasa dijadikan sajian mie kwetiau goreng ataupun kuah. Kalau kamu ke restoran chinesse, pasti menemukan mie pipih ini.


.

Mie Ramen

Siapa suka ramen? Mie yang digunakan dalam sajian ramen disebut dengan mie ramen. Bentuknya seperti mie telur, namun lebih tipis. Berwarna kuning pucat dan biasa dijual dalam  kondisi kering berbentuk bulat di dalam kemasan mie instan. 


.

Bihun

Sama seperti kwetiau, bihun ini juga merupakan mie khas China. Akan tetapi, Bihun terbuat dari tepung beras. Mie ini memiliki warna putih cerah dengan tekstur yang lembut. Biasa dijual dalam keadaan kering, di dalam plastic. Sekilas bentuknya sama seperti mie soun, namun lebih tebal.


.

Mie Shoa

Berasal dari China, mie ini terbuat dari tepung beras seperti bihun. Memiliki bentuk yang tipis, berukuran panjang dan berwarna putih. Dijual dengan membentuk simpul seperti angka 8, dalam kondisi kering. Kamu gak perlu waktu lama untuk memasaknya, yaitu sekitar 1-2 menit saja. Mienya sangat tipis dan lembut, sehingga mungkin kamu tidak perlu mengunyahnya.


.

Soba Noodle

Jangan kaget dengan warna mie nya, ya. Mie ini terbuat dari sari teh hijau, sehingga menyebabkan warnanya menjadi keabu-abuan atau hijau tua. Ini mie telur asal Jepang. Mie soba biasa disajikan dalam kondisi telah direbus, lalu dikonsumsi dengan dicelup ke dalam kuah tsuyu. Mie soba memiliki beberapa macam jenis, yaitu soba segar, soba kering, soba rebus, soba instan dan soba beku. Putri Aisya


Artikel Terkait