Galbitang Homemade, Sop Iga Khas Korea

admin   17 Juli 2019 Resep

.

 Bagi Kpopers dan pecinta drama Korea, kamu  pasti tahu ya apa itu Galbitang? Sop iga khas Korea. Galbitang termasuk menu masakan yang mewah dan biasanya disajikan dalam acara atau upacara khusus seperti acara atau resepsi pernikahan. Galbitang dibuat dengan menggunakan iga sapi yang dimasak berkuah jernih.

 

Galbitang tidak hanya berisi daging iga sapi saja tetapi juga dicampur bersama bihun. Sebenarnya menu masakan galbitang ini cukup mudah untuk dibuat yang penting kita tau trik untuk membuatnya sehingga mendapatkan kuah yang benar – benar jernih dan rasanya tentunya enak. Yuk langsung aja kita lihat resepnya.


.

Bahan – bahan :

 

· 1 kg iga sapi, dipotong – potong sehingga ukurannya mudah untuk dimakan

· 300 gram lobak atau 1 buah ukuran besar, cuci bersih potong besar - besar


.

· 1 buah bawang Bombay

· 2 batang daun bawang ukuran besar, diiris besar - besar

· 8 siung bawang putih, digeprek

· 2 cm jahe, kupas dan iris tipis

· 2 sendok makan soy sauce untuk soup

· Garam secukupnya

· Lada bubuk secukupnya

· 100 gram bihun, direndam dalam air panas selama 20 – 30 menit

· 1 sendok makan bawang putih cincang

· 2 batang daun bawang, diiris menyerong


.

Memasak Galbitang :

 

· Pertama – tama iga sapi yang telah dipotong – potong sebelumnya direndam di dalam air dingin selama satu jam, ganti airnya setiap setengah jam, setelah itu tiriskan.

· Siapkan panci besar kemudian isi dengan air dan direbus dengan menggunakan api besar, setelah airnya mendidih masukkan iga sapi ke dalamnya dan biarkan dimasak sampai airnya mendidih lagi kemungkinan sekitar 7 menitan.


.

· Buang semua air rebusan iga sapi tadi kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir dan bersihkan pancinya juga.

· Masukkan kembali iga yang telah dibilas tadi kembali ke dalam panci kemudian masukkan 14 gelas air bersih, lobak, bawang bombay, bawang putih dan juga jahe ke dalam panci tersebut. Masukkan pula soy sauce untuk soup dan juga garam ke dalamnya. Rebus selama 30 menit dengan tidak ditutup menggunakan api besar.



.

· Selanjutnya kurangi apinya hingga api rendah sampai sedang, kemudian buang atau keluarkan semua sayuran dan bumbu tadi dari dalam panci dan tambahkan air panas sebanyak 2 gelas, lanjutkan masak dengan panci ditutup sekitar satu jam sampai 1 ½ jam sampai dagingnya melunak.

· Berikutnya buka tutup panci dan masukkan bawang putih cincang dan juga bihun yang sebelumnya telah disiapkan serta tambahkan pula lada bubuk, garam dan lobak yang sebelumnya dikeluarkan tadi tetapi dipotong – potong ke ukuran yang lebih kecil lagi, biarkan mendidih dan buang lemak yang ada di permukaan kuah kemudian matikan apinya.

· Hias dengan irisan daun bawang dan galbitang siap dinikmati dengan nasi hangat. Paskalis Andrew

 

 


Artikel Terkait