A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: opendir(/var/lib/php/sessions): failed to open dir: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 356

Backtrace:

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 8
Function: __construct

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /var/www/html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 8
Function: __construct

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /var/www/html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: libraries/Mylib.php

Line Number: 11

Backtrace:

File: /var/www/html/application/libraries/Mylib.php
Line: 11
Function: setcookie

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 51
Function: insstat

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Deretan Jajanan Indonesia yang Berbalut Daun (Part 1) | Makan Abis

Deretan Jajanan Indonesia yang Berbalut Daun (Part 1)

putri   12 Agustus 2019 Selera Nusantara

foto:istw


Kalau disuruh menyebutkan jajanan khas Indonesia, pasti kamu mampu menyebutkannya dengan mudah. Gimana enggak? Ada banyak banget jajanan Indonesia, bahkan jumlahnya bisa sampai ratusan jajan! Apa saja? simak penelusuran Makanabis berikut ini: 


foto:istw

Ketupat

Ketupat adalah salah satu makanan yang identik dengan hari raya Idul Fitri. Meskipun bukan termasuk golongan jajanan, namun makanan ini juga terbungkus dengan daun. Daun yang digunakan untuk membungkus ketupat ini adalah Daun kelapa. Daun kelapa ini nantinya akan berubah menjadi cokelat ketika ketupat tersebut dikukus. Ketupat sangat enak dinikmati bersama dengan opor ayam, gulai, atau manisa. Yummy!


foto:istw

Lepet

Sumber gambar: https://dapuronlinequ.blogspot.com/2017/07/cara-membuat-lepet-ketan-cemilan-enak.html

Jajanan lepet terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang tanah, kemudian dimasak dalam santan, dan dibungkus dengan daun janur atau daun kelapa muda. Bentuknya memanjang lalu diikat dengan tali. Jajanan tersebut dibungkus dengan daun janur dengan cara melilitkannya atau membungkus secara memutar. Kamu bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di pasar tradisional yang ada di Jawa. Rasanya gurih karena santannya. 


foto:istw

Lontong

Oke, ini juga bukan termasuk jajanan. Akan tetapi termasuk makanan Indonesia yang terbungkus dengan daun. Lontong juga termasuk makanan yang menjadi sajian di hari raya Idul Fitri. Jika ketupat menggunakan daun kelapa, maka lontong menggunakan daun pisang. Teksturnya pun lebih lunak dibandingkan dengan ketupat. Ketika di buka, bagian luar lontongnya akan berwarna kehijauan karena terkena daun pisangnya.


foto:istw

Nagasari

Jajanan tradisional ini menjadi favorit banyak orang, karena rasanya yang manis dan legit. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Selain diisi pisang, jajanan ini juga dibalut dengan daun pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang raja

isang yang biasa digunakan sebagai isi adalah pisang jenis pisang raja. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Selain bahan yang tersebut di atas, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas, Nagasari berasal dari Jepara. Di Makassar, kue ini di sebut Roko roko unti, yang di klaim berasal dari Makassar.


foto:istw

Clorot

Jajanan khas Purworejo ini memiliki rasa manis, gurih dan legit. Clorot ini terbuat dari tepung beras yang ditambah sedikit tepung ketela atau kanji, kemudian garam, kapur sirih, serta gula merah lalu ditambahi pewangi berupa daun pandan. Kemudian jajanan ini dibalut dengan daun kelapa yang masih muda yang dibentuk seperti corong. Kuenya berwarna cokelat, dengan teksturnya yang lembek namun kenyal. Ayo, siapa yang suka jajanan ini?


foto:istw

Lemper

Jajanan yang terdiri dari ketan yang didalamnya diisi suwiran daging ayam ataupun abon. Lagi-lagi jajanan ini dibalut dengan daun pisang. Kalau lemper bakar, biasanya bagian daun pisangnya terlihat sedikit kehitaman karena bekas bakaran. Akan tetapi, rasanya akan dua kali lebih nikmat, karena ada rasa-rasa dari daun pisangnya. Yummy!

Selain membuat rasa dari jajanannya lebih enak, ini juga bisa menjadi upaya mengurangi sampah plastik, ya? Hihihi. Kira-kira jajanan Indonesia apa lagi ya, yang dibungkus dengan daun?


Artikel Terkait