Daun Suji, Multi Guna Pewarna Hijau Alam

admin   30 Juli 2019 Event

.

Putu ayu, kue bolu, kue lumpang, dan kue ijo, semua jajanan yang berwarna hijau. Jajanan ini biasanya diberi pewarna makanan buatan ataupun pewarna alami. Tujuan diberikan warna pada makanan supaya lebih menarik untuk dimakan dan mempercantik tampilan. Jajanan yang disebutkan diatas biasanya menggunakan pewarna makanan alami yang berupa daun suji dan daun pandan. Selain itu pewarna daun suji dan pandan dapat memberikan aroma yang wangi pada makanan. 


.

Perbedaan kue yang menggunakan pewarna makanan buatan dan alami memang sangat mencolok pada warnanya. Makanan yang menggunakan pewarna buatan memiliki warna yang sangat pekat dan cerah, sedangkan makanan yang menggunakan pewarna alami cenderung pucat. Tapi dibalik warnanya yang pucat memiliki segala kelebihan dari segi biaya, aroma pada makanan, mudah dicari, dan baik bagi kesehatan.

Daun suji ternyatamengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu, polifenol, saponin, tannin, flavonoid, alkaloid, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, maka sudah tidak dapat diragukan lagi manfaat daun suji untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Berikut manfaat dari daun suji:


.

Redakan Nyeri Haid

Sebagian wanita mengalami rasa nyeri  di bagian perut saat masa menstruasi. Untuk meredakan nyeri tersebut, Anda dapat meminum air rebusan daun suji sebanyak 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari.

Mengobati Leukemia 

Leukemia atau sering disebut juga kankerdarah putih merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah. Penyakit berbahaya ini ternyata dapat juga disembuhkan dengan menggunakan daun suji. Caranya pun tidak sulit, yaitu dengan meminum air rebusannya secara rutin.

Mengobati Beri-Beri

Penyakit beri-beri adalah penyakit kekurangan vitamin B dan dapat mempengaruhi sistem tubuh. Kandungan saponin yang terdapat dalam daun suji dapat membantu mengatasi penyakit tersebut. Cara mengobatinya, yaitu dengan meminum air rebusan daun suji setiap hari.


.

Redakan Batuk

Daun suji bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit batuk, baik batuk kering atau berdahak. Cara yang dapat Anda lakukan juga sangat lah mudah, yaitu cukup dengan merebus daun suji dan minum air rebusannya. Pengobatan alami tersebut akan lebih efektif apabila diminum pada pagi hari dan menjelang tidur. Hal tersebut bertujuan agar obat alami tersebut dapat bekerja maksimal saat tubuh sedang beristirahat.

Mengobati Disentri

Manfaat daun suji lainnya adalah mampu mengobati masalah disentri.Disentri merupakan peradangan usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir.Daun suji dapat menyembuhkan disentri karena kandungan saponim yang terdapat dalam daun suji. Dengan cara meminum air rebusan daun suji sebanyak 1 atau 2 gelas sehari, maka dapat membantu  mengobati penyakit disentri. Untuk hasil yang maksimal minumlah air rebusan tersbut pada pagi atau malam hari menjelang tidur.

Penawar Racun

Daun suji juga bermanfaat sebagai penawar racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan alkaloid. Alkaloid merupakan senyawa basa nitrogen yang banyak ditemui pada tumbuhan. Alkaloid dalam daun suji berfungsi untuk menangkal racun. Jadi, daun ini sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah keracunan makanan atau lain sebagainya.


.

Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat.Namun, Anda tidak perlu khawatir karena manfaat daun suji dapat membantu mengatasi hal tersebut. Kandungan zat saponin dalam daun suji dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Tangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit  yang sederhana sampai yang berbahaya, seperti kanker. Untuk menangkal radikal bebas, anda dapat meminum air rebusan daun suji sebagai penetralisir dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, selain  dapat mempercantik kue-kue atau makanan yang lain, ternyata daun suji juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi mulai saat ini, sering-seringlah mengkonsumsi daun suji secara teratur agar kesehatan kita terjaga. Paskalis Andrew


Artikel Terkait