Cicipi Kelezatan Bulu Babi, Beracun Tapi Bermanfaat

admin   12 Juli 2019 Ragam

.

Jika  kamu berpikir bahwa kali ini makanabis   akan mereview bulu dari hewan babi? Sayang sekali, Anda salah besar. Bulu babi adalah sebutan untuk hewan laut yang berbentuk bola dengan duri tajam nan panjang, dan umumnya berwarna hitam gelap. Ukurannya kurang lebih 4 hingga 5 inchi, dan memiliki gigi sebanyak 5 buah. Selain disebut bulu babi, sering disebut juga dengan landak laut.

 

Hewan ini bersembunyi di balik karang-karang yang ada di laut. Selain itu, kamu bisa menemuinya di muara dengan material lumpur. Dia juga dapat ditemukan berapa di perairan dangkal dekat pantai. Apakah kamu penasaran apa makanannya? Landak laut atau bulu babi ini mengonsumsi ganggang, rumput laut, kerang atau ikan yang sudah mati untuk bertahan hidup.


.

Tajam dan Berbahaya!

Jangan sampai kamu terkena duri dari bulu babi ini. Pasalnya bagian durinya selain memiliki ujung yang tajam, juga mengandung racun. Barangsiapa yang apes dan tertusuk durinya, maka dampak yang ditimbulkan antara lain seperti nyeri, infeksi, gatal, dan badan mendadak demam. Bahkan ada yang jadi pingsan juga, lho. Duri pada bulu babi ini berfungsi untuk mempertahankan dirinya dari musuh, sekaligus melumpuhkannya dengan racun yang terkandung di dalamnya. Hati-hati, ya!

 


.

Lezat Dagingnya

Meskipun dikenal berbahaya, ternyata masih ada saja orang yang nekat untuk memakannya. Rasa daging dari bulu babi ini ternyata cukup lezat untuk dijadikan suatu hidangan. Cara mengolahnya tentu saja dengan memotong terlebih dahulu duri-durinya yang super bahaya itu. Kemudian bulu babi dibelah dengan menggunakan alat khusus, kemudian bagian dagingnya diambil. Dagingnya berwarna kuning ataupun oranye. Sebenarnya itu lebih tepat untuk dibilang sebagai ‘telur’ atau gonad.

 

Bulu babi biasa dijadikan sebagai sashimi dalam sajian sushi. Bisa juga dikonsumsi begitu saja supaya lebih terasa segarnya. Ketika menyantapnya, kamu akan merasakan perpaduan antara rasa segar asin dan juga manis. Bisa juga diolah menjadi tumisan. Bulu babi juga kerap menjadi pelengkap dalam sajian chawanmushi.

 


.

Banyak Manfaat

Selain enak untuk dikonsumsi, bulu babu nyatanya juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hampir 80% tubuh bulu babi mengandung lemak dan juga protein. Kedua kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan tubuh supaya tumbuh kembangnya semakin baik, untuk perkembangan otak, ataupun sebagai peningkatkan vitalitas pada kaum pria. Selain itu, bulu babi juga mengandung vitamin C dan juga vitamin A. Kandungan vitamin A nya melimpah, sehingga dapat meningkatkan system imun.

 

Setelah membaca artikelnya, apakah kamu ingin mencicipi bulu babi? Kalau dimakan langsung setelah ditangkap, rasanya akan lebih segar. Sayangnya asin! Putri Aisya


Artikel Terkait