Chia Seed, Kecil-kecil 'Cabe Rawit'

admin   29 Juli 2019 Healthy Food

.

Chia seed atau biji chia saat ini tengah menjadi makanan yang digemari oleh orang yang sedang melakukan diet.  Biji chia sendiri memiliki ukuran yang kecil, meskipun ukurannya kecil, biji chia memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh,terutama  bagi Anda yang ingin mendapatkan postur tubuh yang ideal.

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L.  Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun, sekarang chia seed sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Chia seed memiliki rasa yang  hambar. Dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam air atau susu selama beberapa menit. Bisa juga dengan mencampurkannya ke makanan atau minuman, seperti  salad, bubur oat, jus, smoothies, dan yoghurt.


.

Dalam biji chia yang kecil memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada chia seed adalah karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, sejumlah vitamin seperti vitamin A dan B dan mineral yaitu kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga.

Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeic, quercetin, dan kaempferol. Senyawa antioksidan ini berguna untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung. Chia seed dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Bentuknya yang kecil ini akan mengembang setelah beberapa saat direndam di dalam air, ketika masuk keperut biji chia akan mengembang. Chia seed memiliki kandungan serat yang baik bagi perut anda, chia seed dapat membuat orang yang mengonsumsinya dapat merasakan kenyang lebih lama. Inilah beberapa keuntungan mengonsumsi biji chia.


.

Menurunkan Berat Badan

Dalam menurunkan berat badan, tubuh sangat membutuhkan asupan serat yang cukup untuk diserap oleh tubuh. Dikarenakan serat bermanfaat memperpanjang lama terasa kenyang. Mengonsumsi satu sendok biji chia, berarti Anda sudah memenuhi asupan serat sebanyak 5 gram. Sehingga, jika Anda mengonsumsi biji chia secara rutin setiap hari, maka bisa Anda bayangkan ada berapa banyak serat yang masuk ke dalam tubuh yang tentunya akan membantu proses penurunan berat badan Anda.


Kesehatan Tulang

Biji chiapun sangat baik bagi kesehatan tulang karena didalam biji chia terkandung protein. Tak hanya protein biji chia mengandung mineral seperti kalsium, mangan, magnesium,dan fosfor yang baik bagi tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.  


.

Kesehatan Jantung

Chia seed dengan kandungan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang tinggi ternyata juga terlihat memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Karena tidak adanya lemak jahat yang menggumpal pada peredaran darah. Tapi harus juga diimbangi dengan olahraga yang cukup dan makan makanan yang bergizi.


.

Membantu Detoksifikasi

Biji chia bisa membantu detoksifikasi, yakni berfungsi sebagai pembersihi racun  yang ada di dalam tubuh. tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan di dalam biji chia juga membantu mencegah terjadinya kanker. Paskalis Andrew


Artikel Terkait