Cara Mudah Memastikan Mamin Tidak Mengandung Babi

admin   05 Juli 2019 Tips n Trick

Halalnya makanan dan minuman adalah harga mati bagi seorang muslim. Maraknya kasus makanan dan minuman mengandung babi serta banyaknya produk makanan dan minuman impor mengharuskan seorang muslim untuk esktra waspada dan teliti dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang dijual di pasaran.

 

Sangatlah penting bagi seorang muslim mengetahui cara-cara untuk mengecek dan memastikan status halal dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya sebagai bentuk antisipasi terhadap makanan dan minuman yang tidak halal dan bebas dari kandungan babi.  


.

Cek Logo Halal

Pastikan produk makanan dan minuman yang akan Anda beli terdapat logo halal pada kemasaanya. Sebagian kecil produk masih menggunakan logo halal Majelis Ulama Indonesia. Tapi sejak 2018 logo halal telah berubah menjadi loko halal yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu Badan penyelenggara jaminan Produk Halal (BPJPH) oleh kementerian Agama. 


.

Tanda Khusus Mengandung Babi

Peraturan BPOM RI no 12 tahun 2016 tentang pendaftaran pangan olahan menyatakan bahwa pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan “MENGANDUNG BABI” dan disertai gambar babi yang berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar putih.


.

Waspada Produk Mengandung Babi

Cek daftar komposisi pada kemasan makanan dan minuman. Waspada jika menemukan komposisi makanan yang mengandung gelatin dalam daftarnya. Sebab beberapa makanan yang mengandung gelatin seperti coklat, permen, cake dan vitamin. Produk obat, resin, kosmetik dan kapsul juga banyak mengandung gelatin. 


Tes Kandungan Babi

Metode deteksi kandungan babi ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode berbasis protein maupun metode berbasis DNA. Salah satu metode termudah dan bisa dilakukan oleh masyarakat awam adalah dengan menggunakan pork detection test, procine test atau halal test yang sudah tersedia dipasaran. Pengujian hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Prosedur pengujian menggunakan Pork Detection Test/Porcine TestInterpretasi hasil pengujian menggunakan Pork Detection Test/Porcine TestTes halal

Cara menggunakan Halal Test yaitu sampel makanan dicampur dengan air hangat di dalam tabung, lalu strip dimasukkan. Hasilnya akan muncul dalam beberapa menit. Satu garis berarti tidak mengandung babi, sedangkan dua garis berarti positif mengandung babi9.


Artikel Terkait