Bir Pletok, Bir Halal Asli Betawi

andrew   13 Agustus 2019 Selera Nusantara

Bir Pletok DR dalam kemasan modern, foto:istw.

Bir diluar negeri memiliki berbagai macam varian dan rasanya berbeda antara bir satu dengan bir yang lainnya. Diluar negeri bir diminum agar tubuh terasa lebih hangat dalam menghadapi dinginnya eropa. Karena memiliki alkohol, tak jarang orang yang terlalu banyak minum akan mabuk.

Tapi di Jakarta ada bir yang tidak membuat peminumnya mabuk atau teller. Nama minuman itu Bir Pletok. Meski bir, tapi minuman yang satu ini tidak beralkohol  malah menyehatkan. Kali ini makanabis.com akan mengajak anda melihat sejarah dari bir pletok, minuman khas Betawi yang melegenda.

Ciri fisikBir Pletok ini berwarna merah. Minuman ini dibuat dari beberapa campuran rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Warna merah pada bir pletok didapat dari kayu secang. Kayu secang pada dasarnya memang sudah memiliki warna merah, ketika direbus maka menghasilkan air yang berwarna merah. Secang sendiri kaya akan kandungan antioksidan.


.

SEJARAH BIR PLETOK

Bir pletok pada awalnya terinspirasi oleh minuman orang barat pada zaman kolonial Belanda. Karena pada saat itu ada beberapa masyarakat etnis Betawi yang dekat dengan bangsa Belanda. Ketika ada perayaan pesta biasanya masyarakat Betawi diundang untuk minum bir bersama. Namun etnis Betawi tidak dapat minum bir, karena mayoritas adalah umat Islam sehingga minuman beralkohol diharamkan.

Saat perayaan itu, orang Betawi melihat minuman beralkohol yaitu wine. Orang Betawi ingin membuat minuman seperti wine yang tidak mengandung alkohol. Ide itupun dijalankan. Mereka mencampurkan  lada, jahe, dan kulit secang. Kulit secangdigunakan Sebagai pewarna alami yang membuat minuman itu berwarna merah.

Untuk asal mula nama bir pletok, adalah ketika orang betawi mendengar letupan bunyi saat orang Belanda membuka tutup botol wine. Sebelum disajikan, campuran minuman ini dikocok dalam tabung atau botol hingga berbuih halus. Saat dituang digelas yang membuat tampilannya sangat mirip dengan bir.


.

Bir pletok sendiri memiliki banyak mafaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena menggunakan bahan-bahan yang herbal seperti jahe,lada, serai, secang, dan rempah yang mampu menjaga stamina dan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 

Untuk anda yang belum bisa mengunjungi kota Jakarta makan abis akan memberikan cara pembuatanya untuk anda. Cara membuatnya tidak rumit, bahan-bahanya pun mudah didapat. Bahan yang diperlukan adalah jahe, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai, kayu secang, daun pandan wangi, pala, serta gula dan garam. Semua bahan itu dicampur dan direbus hingga mendidih. Maka anda akan siap merasakan sensasi kehangatannya. Paskalis Andrew 


Artikel Terkait