Beda Tenderloin dan sirloin Pada Menu Steak

admin   15 Juli 2019 Ragam

.

Pilih tenderloin ataupun sirloin steak?  Pernah merasa bingung saat ditawari menu steak oleh pramu saji.? Tenderloin dan sirloin adalah bagian tubuh dari hewan sapi. Sebenarnya ada banyak bagian lainnya yang lezat untuk dimasak, seperti chuk, brisket, rib, plate, short loin, bottom loin, top sirloin, round, dan shank.


.

Coba kamu perhatikan gambar di atas, yang merupakan letak dari bagian sapi tersebut. Akan tetapi, nampaknya bagian tenderloin dan sirloin menjadi bagian favorit yang diolah menjadi hidangan steak. Apakah kamu tahu apa perbedaannya?  kita simak perbedaannya!


.

Tenderloin steak

Berdasarkan gambar sebelumnya, bagian tenderloin terletak di . Kalau kamu bukan termasuk orang yang penyuka otot, maka kamu mungkin dapat memesan tenderloin steak. Dagingnya sangat lembut, karena otot sekitar tenderloin yang jarang digunakan. Sebaliknya, bagian ini kaya akan lemak. Bisa dibilang, bagian ini adalah bagian terlembut dari daging sapi. Dengan segala kelebihan ini, kamu pasti tahu jika harganya akan cukup mahal. Bahkan harganya lebih mahal dibandingkan dengan sirloin steak. Ketika disajikan tenderloin memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan sirloin.


.

Sirloin steak

Sedangkan sirloin berada di bagian bawah iga sapi dan mengapit tenderloin. sirloin terdiri atas tiga bagian yaitu sirloin bagian atas, top sirloin atau bagian terluar dari tenderloin, dan bottom sirloin. Sirloin terletak di dekat bagian panggul dan pinggang. Kedua bagian ini sering digunakan para sapi untuk bekerja, sehingga berdampak pula pada tekstur dagingnya. Dagingnya menjadi lebih keras dan berotot.

Meski begitu, daging sirloin juga bisa diubah teksturnya menjadi lebih empuk dan juicy dengan pengolahan yang tepat. Ketika disajikan, sirloin memiliki potongan yang besar. Harganya pun lebih murah dibandingkan tenderloin.

Bisa dibilang ini adalah perdebatan abadi yang dirasakan oleh para penikmat steak. Keduanya memiliki rasa yang ‘khas’, dan akan memberikanmu pengalaman yang berbeda ketika menyantapnya. Banyak orang menyukai tenderloin steak, meski harus merogoh kocek yang lebih mahal. Ada pula yang lebih menyukai bagian sirloin karena tekstur daging yang lebih padat. Semua berpulang pada selera masing- masing. Gimana? Sekarang Anda tidak bingung lagi kan? Putri Aisya


Artikel Terkait