Ayam Panggang Bumbu Meresap Daging Tak Hancur

Administrator   19 Juni 2019 Tips n Trick

Olahan ayam adalah idola semua orang. Rasanya yang lezat, harga yang terjangkau dan kecepatan dalam memasaknya adalah nilai lebih dari menu ini.  Dan salah satu olahan yang paling digemari adalah ayam panggang. Perpaduan berbagai bumbu khas ayam panggang dari berbagai daerah di Indonesia ini juga menambah warna-warni kuliner tersebut.

Tantang terbesar dari memasak ayam panggang adalah bagaimana mendapatkan cita rasa daging yang matang dan bumbu meresap sedangkan daginh tidak hancur.  Nah untuk menghasilkan ayam panggang dengan rasa spektakuler tampilan yang amazing, ikuti tipsnya dibawah ini:


Ayam yang Fresh

Ayam panggang dengan rasa yang sangat lezat, hanya akan didapatkan dari  kualitas ayam yang masih segar.  Menggunakan ayam kampung maupun ayam broiler, yang paling penting adalah ayam tersebut masih fresh. Selanjutnya potonglah ayam menjadi beberapa bagian agar ayam panggang bisa matang dengan sempurna.


Berani Bumbu

Bagiaman mendapatkan rasa bumbu yang meresap hingga ke tulang? Mudah! Gunakan bumbu dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari biasanya. Kemudian   diungkep terlebih dahulu sebelum dibakar supaya bumbunya semakin meresap dan mantap!


Api Kecil

Saat melakukan proses mengungkep daging ayam, gunakanlah dengan api kecil. Hal ini bertujuan agar bumbu-bumbu yang dipadukan meresap dan menyusut. Menggunakan api besar hanya dapat membuat ayam jadi lebih cepat hancur ketika dipanggang.


Bumbu Meresap

Ketika mengungkep jangan lupa membalik-balik ayam yang belum   terendam bumbu secara sempurna. Gunakan penjepit untuk membalik secara perlahan agar ayam tidak hancur dan pastinya bentuknya bisa tetap utuh. Kalau semua bagian ayam sudah berubah warna secara merata, barulah ayam selesai dibumbui.


Diamkan

Setelah diungkep, jangan langsung memanggang ayam, diamkanlah terlebih dahulu selama 1-2 jam agar ayam mendingin dan bumbunya meresap lebih kuat. Setelah didiamkan, barulah ayam siap untuk dipanggang.


Memanggang

Inilah yang menentukan kelezatan dari ayam panggang. bisa memanggang menggunakan bara api, atau lebih mudah dengan menggunakan oven. Pangganglah ayam hingga warnanya berubah kecoklatan dan mengeluarkan aroma. jangan memangganggnya terlalu lama, karena dapat membuatnya menjadi gosong. Wisnu

 


Artikel Terkait