Awalnya Coba-coba, Justru Jadi Makanan Populer

admin   26 Juli 2019 Food Story

.

Beberapa koki atau ahli masak memasak, mungkin akan melakukan eksperimen untuk menciptakan makanan yang baru dan unik. Tapi ada beberapa makanan yang diciptakan secara tidak disengaja? Awal tidak diniatkan untuk membuat ‘sebuah makanan’, eh malah jadi makanan enak!


.

Keripik Kentang

Ceritanya seorang koki bernama George Crum. Crum menerima permintaan dari pelanggan untuk membuat kentang goreng. Tiap kali dihidangkan, pelanggan selalu mengeluh dan meminta Crum untuk membuatkan kentang goreng yang baru. Permintaannya pun selalu sama, yaitu memintanya untuk memotong kentangnya dengan lebih tipis.

Pasalnya, kentang goreng Crum dinilai terlalu tebal bagi pelanggan. Hal itu membuat pelanggan merasa tidak puas. Saking sebalnya, Crum akhirnya memotong kentangnya dengan amat sangat tipis. Diluar dugaan, pelanggan justru menyukai dan merasa puas dengan kentang goreng buatan Crum tersebut. Teksturnya yang renyah, memiliki rasa yang lebih gurih. Alhasil makanan tersebut lebih popular disebut dengan keripik kentang.


.

Popsicle

Tahu popsicle, kan? Itu lho, es yang ada gagang kayunya. Di pada 1905 ada seorang anak bernama Frank Epperson yang berusia 11 tahun. Dirinya tidak sengaja menjatuhkan tongkat pengaduk pada sebuah cangkir yang isinya adalah campuran dari bubuk soda dan air. Cangkir tersebut dibiarkan saja olehnya selama semalam. Cuaca yang dingin disana, membuat isi cangkir tersebut membeku.

Besoknya, Frank menemukan jika kayu tersebut menempel pada cairan yang telah membeku, dan berbentuk seperti permen es. Frank baru mempromosikannya di usianya yang ke 17 tahun, dengan menjualkannya kepada tetangganya. Lambat laun, makanan ini pun menjadi popular dan dinamakan dengan popsicle.


.

Choco Chips Cookie

Seorang pemilik pondok wisata bernama Ruth Wakefield sering membuat kukis cokelat untuk para tamunya. Suatu hari, dirinya kehabisan bahan cokelat untuk membuat kukis. Dirinya memiliki ide untuk memotong cokelat menjadi kecil-kecil dan mencampurkannya ke adonan kukis. Ruth berharap jika nantinya cokelatnya akan meleleh dan menjadikan adonannya berwarna cokelat. Ternyata cokelat tersebut tidak menyebar dan tercampur seperti yang diharapkan. Adonan tersebut pada akhirnya memiliki bintik-bintik berwarna cokelat. Alhasil, kue ini dinamakan dengan choco chips cookies dan eksis hingga sekarang.


.

Permen karet

Pada 1870, Thomas Adams sedang melakukan eksperimen dengan chicle, yaitu getah yang berasal dari pohon. Adams ingin menggunakan getah tersebut sebagai pengganti karet. Akan tetapi, usahanya selalu mengalami kegagalan. Adams yang kesal, kemudian memasukkan getah tersebut ke mulutnya. Tak disangka, dirinya menyukai sensasi mengunyah sesuatu yang chewy ini. Alhasil dirinya mendirikan Adams New York, dan dirinya menjadi penghasil permen karet pertama yang ada di dunia.


.

Corn Flakes

WK Kellogg dan John Kellogg bertugas untuk membuat makanan sehat yang diperuntukkan bagi para pasiennya di sebuah sanatorium di Michigan. Mereka menemukan gandum yang telah direbus, namun kondisinya sudah apek. Anehnya, mereka tetap mencoba mengolah gandum rebus apek tersebut. Akan tetapi, karena tekstur gandum yang telah mengeras, menjadi hancur dalam bentuk kepingan ketika

dalam proses menggulung. Tak menyerah, mereka mencoba memanggang kepingan gandum tersebut, dan nekat untuk menghidangkannya kepada para pasien. Ternyata, para pasien menyukai rasanya. Kemudian mereka mencoba menggunakan bahan lain berupa jagung, dan akhirnya terciptalah corn flakes! Wah, ‘sejarah’ terciptanya mereka unik banget, ya? Kira-kira makanan apa lagi ya, yang ditemukan secara tidak disengaja? Tulis di kolom komentar, ya! Putri Aisya


Artikel Terkait