Asal Mula Bakso, Terinspirasi Kue Mochi

Administrator   28 Mei 2019 Food Story

Bakso atau bola-bola daging yang merupakan campuran dari daging giling dan tepung tapioca. Satu porsi bakso biasanya berisikan beberapa buah bakso, tahu, pangsit goreng, siomay, mie kuning atau bihun, sayur kubis, dan telur. Disiram dengan kuah kaldu daging dan  ditaburi bawang goreng dan sedikit potongan daun bawang. Bakso makanan yang cukup merakyat yang bisa kita jumpai dimana saja dan juga dengna harga yang sangat terjangkau. Sangat cocok disantap disaat momen apapun, apalgi saat hujan. Aroma dan rasa kuahnya yang khas akan membuat setiap orang ketagihan terhadap olahan daging yang satu ini.


Meniru kue Moci

Terinspirasi Kue Mochi

Meskipun kini bakso telah merajalela diseluruh pelosok Indonesia, tapi ternyata kampung halaman bakso adalah di Tionghoa. Berawal di abad ke 17, seorang pemuda bernama Meng Bo yang sangat berbakti pada orang tua, melihat ibu nya yang sangat ia cintai kini kondisinya sudah semakin tua dan tidak bisa memakan makanan keras lagi padahal beliau sangat menyukai daging karena giginya yang sudah mulai rapuh dan tanggal.

Sepanjang malam Meng Bo memikirkan cara bagaimana mendapatkan olahan daging agar dapat dimakan oleh sang ibu. Sampai suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan yang akan dijadikan kue mochi. Terinspirasi dari situlah, Meng Bo mulai mengambil daging yang ada di dapur dan mulai menumbuk sama seperti yang dilakukan oleh tetangganya tadi saat membuat kue mochi. Setelah halus, ia kemudian membentuk daging giling tersebut menjadi bola-bola kecil yang supaya nantinya dapat dimakan oleh ibunya dengan mudah. Setelah bola-bola daging tersebut sudah jadi, Meng Bo kemudian merebusnya hingga tercium aroma daging yang lezat. Setelah percobaan yang dilakukannya selesai, Meng Bo menghidangkan resep bakso buatannya itu kepada sang ibu. Melihat ibunya yang lahap menyantap hidangan tersebut. Meng Bo merasa sangat bahagia karena akhirnya sang ibu bisa kembali makan daging dengan lahap.

Mengetahui soal kelezatan dari resep bakso Meng Bo, masyarakat kota Fuzhou tempat Meng Bo tinggal pun meminta resep bakso ciptaan Meng Bo agar bisa membuat sendiri di rumah. Akhirnya saat itu, bakso menjadi salah satu menu pilihan masyarakat Tiongkok yang tidak hanya terbatas di kota Fuzhou saja. Sampai akhirnya bakso dikenal di Indonesia melalui pedangan Tionghoa yang datang ke Indonesia.


Disuka berjuta manusia

Kepopuleran Bakso

Lalu kenapa diberi nama bakso? Meng Bo pertama kali membuat bakso berasal dari daging babi yang dalam bahasa tiongkok adalah ‘bak’, lalu ia memasukkan bakso-baksonya ke dalam kuah sup yang Bahasa Cinanya adalah ‘so’. Sehingga masyarakat Fuzhou kala itu menamainya bakso yang berarti sup daging babi.

Nama itu tidak berubah hingga kini bahkan setelah masuk ke Indonesia, hanya saja di Indonesia bakso telah di modifikasi dan menggunakan   daging sapi, ayam, ikan hingga udang. Sebab masyarakat Indonesia mayoritas muslim dan haram memakan daging babi.  Hingga bumbu dalam kuahnya yang telah dirubah menggunakan rempah-rempah Indonesia agar lebih pas di lidah masyarakat Indonesia. Celina



Artikel Terkait