Anggur Laut Calon Pesaing Rumput Laut

Administrator   20 Juni 2019 Healthy Food

.

Kalau  buah anggur hampir semua orang pernah memakannya. Tetapi, pernahkah Anda mencoba mengonsumsi anggur laut? Kalau kamu sering menonton video food ASMR di youtube, Anda akan menemukan jika makanan ini sering banget dijadikan objek ASMR dalam video. Buat kamu yang belum pernah mengenal dan mencicipi anggur laut, kita simak artikel di bawah ini!


.

Apa itu Anggur Laut?

Memiliki nama ilmiah   Caulerpa lentillifera, termasuk dalam jenis tanaman alga atau rumput laut. Nama internasionalnya   sea grapes atau artinya adalah anggur laut. Akan tetapi di beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan spesial untuk tanaman ini. Orang Lombok menyebutnya   Latok, sedangkan di Sulawesi selatan disebut dengan Lawi-lawi atau Lelatu.

Jika diperhatikan dari jarak  dekat, bentuk tanaman ini persis seperti buah anggur. Bergerombol bulat-bulat kecil seperti telur ikan, dan menempel pada cabang tegak yang berwarna kehijauan. Anggur laut juga mendapatkan julukan sebagai green caviar. Hal ini dikarenakan tekstur dan rasanya yang mirip dengan telur ikan sturgeon ini.

Ketika dimakan, akan terasa meletup-letup di mulut. Sangat renyah,  berair dan juga berlendir. Rasanya pun asin yang merupakan rasa khas dari lautan. Dalam kebanyakan video food ASMR yang menggunakan sea grapes atau anggur laut, pasti akan memakannya dalam keadaan mentah. Di Indonesia sendiri anggur laut dimakan dalam keadaan mentah sebagai lalapan bagi masyarakat pesisir pantai. Terkadang cukup dicuci kemudian direbus, lalu anggur laut sudah aman untuk dikonsumsi.


.

Budidaya

Anggur laut dapat ditemukan hampir di seluruh perairan di Indonesia. Mereka akan tumbuh dan menempel di pasir, yang bisa kamu ambil di laut dangkal. Dahulu tanaman ini dianggap sebagai gulma dan diabaikan, sebelum akhirnya dikonsumsi. Permintaan ekspor anggur laut kian meningkat setiap tahunnya. Melihat potensi besar dari tanaman ini, akhirnya saat ini anggur laut mulai dibudidayakan dalam kawasan pertambakan.

Bahkan pada  2017, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadikan sea grape ini sebagai salah satu komoditas unggulan. Mereka berupaya meningkatkan produksi anggur laut untuk dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia maupun kepentingan ekspor. Anggur laut menyumbang jumlah produksi terbanyak dari total seluruh produksi perikanan budidaya. Punya banyak manfaat bagi tubuh. Ayo mulai dikonsumsi!


.

Hampir semua jenis rumput laut, punya manfaat yang baik bagi tubuh. Termasuk anggur laut ini, lho. Anggur laut mengandung gizi yang cukup tinggi sebagai yang cukup tinggi sebagai sumber protein nabati, mineral, dan juga vitamin. Kandungan anti-oksidan dan kolagen yang terkandung dalam anggur laut, mampu membuat pori-pori besar berkurang, mengatasi kekeringan kulit hingga membuat wajah menjadi awet muda.

Bagi kesehatan tubuh, anggur laut dipercaya dapat mencegah obesitas dan menyehatkan pencernaan. Kita pasti tahu dong jika rumput laut mampu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit? Anggur laut tentunya juga bisa! Kandungan AA, LA, DHA, EPA dan ALA yang merupakan asam lemak pada anggur laut, mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit   jantung. Wah, bermanfaat banget, ya? Bagiamana tertarik mencicipinya? Putri Aisya 


Artikel Terkait