9 Jenis Bubur Khas Nusantara yang Wajib Kamu Cicipi (Part 1)

Administrator   20 Juni 2019 Selera Nusantara

.

Bubur yang paling terkenal di seluruh daerah di Indonesia adalah bubur ayam. Hampir di semua tempat menjual bubur ayam. Makanan ini jadi makanan yang cukup favorit untuk menu sarapan. Bahkan sekarang sudah ada bubur ayam ‘instan’, lho. Tapi apakah bubur yang ada di Indonesia hanya bubur ayam? Ternyata masih ada banyak   jenis bubur lainnya   khas nusantara. 


.

Bubur Mutiara

Secara tampilan, terkesan manis dan cute. Bubur mutiara ini terbuat dari sagu yang berbentuk bulatan kecil-kecil berwarna merah muda, yang disiram dengan saus santan. Kalau bahasa populernya sih, sago pearl. Dinamai mutiara karena bulatan tersebut terlihat transparan seperti mutiara. Sagu mutiara biasa dijual dalam keadaan butiran kecil padat yang akan berubah menjadi lembut dan lengket ketika direbus. Paling enak disajikan dalam keadaan dingin.


.

Bubur Kacang Hijau

Selain bubur ayam, bubur kacang hijau rupanya juga cukup terkenal di Indonesia. Sesuai namanya, maka bubur ini memiliki bahan dasar utama yaitu kacang hijau. Dalam pengolahannya, ditambahkan gula aren, sehingga kuahnya menjadi sedikit kecokelatan. 


.

Bubur Sagu

Bubur ini terbuat dari sagu yang telah direndam, kemudian direbus. Sagunya berwarna cokelat gelap. Bubur khas Ambon ini biasanya disajikan dengan menuangkan kuah santan, kemudian dicampur dengan hangatnya talas kukus. Perpaduan yang lezat!


.

Bubur Candil

Dari penampakannya saja, kamu sudah bisa menebak jika rasanya akan sangat legit. Hal yang mencuri perhatian dalam sajian bubur ini adalah adanya berbentuk bulat besar berwarna kuning kecokelatan. Ketika digigit, teksturnya akan kenyal dan chewy. Kuahnya berwarna kecokelatan yang punya tekstur sangat kental. Kemudian disiram dengan kuah santan. Kalau lagi bulan ramadhan, banyak yang menjadikan bubur ini sebagai takjil.


.

Bubur Suji Ayu

Punya rasa yang manis, semanis namanya. Bahan pembuatannya cukup unik, yaitu kentang dan tepung tapioka. Tampilannya yang berwarna hijau muda, terlihat sangat cantik. Ketika digigit, rasanya sangat lembut. Biasa disajikan dengan tambahan buah cherry di atasnya.  


.

Bubur Ketan Hitam

Bubur ini menggunakan ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Biasa dijadikan sebagai hidangan penutup dalam suatu jamuan makan. Hayo, siapa yang doyan makan bubur ketan hitam?


.

Bubur Sumsum

Apakah bubur ini menggunakan sumsum tulang dalam sajiannya? Bukan, kok. Buburnya memiliki tampilan berwarna putih dengan siraman kuah manis yang berasal dari air gula. Buburnya terbuat dari tepung beras dan santan. Kamu bisa menemukan bubur ini di Solo ataupun Yogyakarta. Kalau lagi di Solo, kamu bisa menyebut sajian ini sebagai jenang sumsum atau jenang lemu. Biasa diberikan tambahan ‘toping’ berupa biji salah, ketan hitam, atau buburmutiara.


.

 Bubur Manado

Sesuai namanya, bubur ini adalah khas dari Manado, Sulawesi Utara. Disana, bubur ini dikenaldengan nama bubur tinutuan. Bubur ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan jagung, kangkung, kemangi, labu kuning dan ubi jalar. Selain sayuran, ditambahkan pula suwiran ikan tuna, ikan jambal dan sambal rica-rica. Rasanya? Tentunya gurih!


.

Bubur Madura

Secara tampilan, sangat ramai ya? Ternyata, bubur madura merupakan sajian campuran dari berbagai bubur yang ada, lho. Bubur yang dicampur seperti, bubur sumsum, bubur ketan item, bubur candil, dan bubur mutiara. Kemudian semuanya akan disiram dengan santan dan gula merah cair. Rasanya aneh? Justru sangat lezat, manis dan bikin nagih. Dijamin kenyang, deh! Masih banyak lagi jenis bubur nusantara yang perlu kamu cicipi. Kita ulas di artikel berikutnya, ya! Putri Aisya


Artikel Terkait