8 Jenis Kerang Aman Konsumsi

Administrator   17 Juni 2019 Ragam

Bagi penggemar seafood, kerang adalah salah satu hewan laut yang memiliki cita rasa yang lezat. Kerang dapat dimasak dengan cara direbus, ditumis bahkan dikonsumsi langsung alias mentah. Ada berbagai jenis kerang yang biasa diolah menjadi masakan. Mereka punya karakteristik tersendiri, apa aja, ya?


Kerang Tiram

kalau kamu pesan seafood platter, biasanya kerang jenis inilah yang disajikan. Kerang ini bisa dibilang sebagai jenis kerang yang mewah, karena bisa kamu temui di restoran mahal dan berbintang. Memiliki cangkang yang pipih dan berkapus. Berlekuk-lekuk bewarna perak kehitaman di beberapa bagiannya. Kerang tiram biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah karena kandungannya gizinya yang luar biasa sehat. Bisa juga dijadikan sebagai saus penyedap, seperti saus tiram.


Kerang Darah

Memiliki cangkang berwarna putih kecokelatan dengan garis-garis timbul sehingga membentuk seperti gerigi. Daging kerangnya berwarna oranye dan kenyal. Kerang ini bisa diolah menjadi berbagai macam sajian. Direbus dengan menggunakan beberapa bumbu atau saus cocol, sudah sangat enak banget! Kerang jenis ini juga sering dijadikan sate kerang, sebagai pendamping sajian kupang.


Kerang Hijau

Sesuai namanya, kerang ini memiliki cangkang berwarna hijau dengan sedikit semburan warna biru ataupun hitam, dengan bentuk cangkang yang pipih dan panjang. Cangkangnya tidak bergerigi dan halus. Di Jakarta, kerang ini disebut dengan kerang kijing. Bisa kamu olah dengan cara merebus atau menumisnya.


Kerang Bambu

Memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis kerang lainnya. Bentuknya memanjang, dan persis seperti bentuk bambu. Panjang kerang ini kira-kira sepanjang ibu jari orang dewasa. Daging kerangnya berwarna putih dan memiliki rasa yang gurih dan manis. Dagingnya mengingatkanmu pada daging udang segar yang telah direbus. Kerang yang mendapatkan julukan kerang lorjuk ini banyak ditemukan di perairan Madura. Apakah kamu pernah mencoba kerang lorjuk saus tauco? Atau menu kerang bambu asam manis? Lezat!


 Kerang Kepah

Berbeda dengan kerang lainnya, kerang kepah bisa kamu temui di sungai besar atau bahkan di hutanmangrove. Bentuk cangkangnya cembung di bagian tengah dan pipih di pinggirnya. Kerang yang biasa disebut dengan kerang putih atau kerang kepah tahu ini biasa disajikan dalam keadaan tumisan dengan saus pedas. Bisa juga direbus dengan siraman saus nanas.


Kerang Bulu

Bentuknya sama seperti kerang darah. Hanya saja bagian cangkangnya memiliki bulu-bulu yang halus berwarna kehitaman. Bulu-bulu ini akan hilang jika kamu membersihkannya dengan maksimal. Cangkangnya pun persis seperti kerang darah. Kerang bulu biasa dijadikan sebagai bahan dalam sup. Ada yang pernah mencobanya?


Kerang Simping

Cangkang dari kerang simping ini sangatlah cantik. Para pengerajin kerang sangat senang dengan cangkang dari kerang ini. Cangkangnya berbentuk pipih, berwarna putih kecokelatan dan mengingatkanmu pada pakaian putri duyung. Bagian dalamnya berwarna putih bersih dan halus. Daging kerangnya memiliki tekstur yang kenyal namun padat. Di Gresik biasa dijadikan sebagai kerupuk.


Kerang Macan

Kebanyakan orang lebih akrab menyebutnya dengan keong. Cangkangnya bert+otol-totol hitam selayaknya kulit macan, dengan bentuk yang melingkar dengan bagian ujung atas meruncing. Kerang macan bisa kamu jumpai di Pantai Utara dan Selatan Jawa. Psst, kerang jenis ini adalah kerang favorit yang digunakan dalam sajian di restoran mewah Eropa, lho. Ketika diolah, daging kerang bisa kita ambil dengan cara menyeruputnya. Dari sekian banyak jenis kerang di atas, jenis kerang mana yang paling sering kamu konsumsi? Putri Aisya


Artikel Terkait