A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: description

Filename: views/v_head.php

Line Number: 18

Backtrace:

File: /var/www/html/application/views/v_head.php
Line: 18
Function: _error_handler

File: /var/www/html/application/controllers/Main.php
Line: 114
Function: view

File: /var/www/html/index.php
Line: 315
Function: require_once

"/>

8 Alternatif Menu Lebaran Agar Tak Melulu Ketupat dan Opor Ayam

Administrator   18 Mei 2019 Selera Nusantara

gambar a3

 

Ketupat, opor ayam, dan sambal goreng kentang hati sepertinya sudah menjadi menu wajib saat lebaran. Namun, selain menu tersebut ternyata ada banyak lho menu lain yang juga cocok disantap saat lebaran. Maka dari itu, simak aneka menu lain yang bisa jadi alternatif selain opor.


ini juga gambar

 

1.     Rawon


Menggunakan keluak sebagai bumbu utama, makanan khas jawa Timur ini juga sering terhidang di atas meja makan saat hari lebaran. Kuahnya yang berwarna hitam dengan   cita rasa kuahnya yang unik   membuat rawon menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu banyak orang.  


1.     Soto Ayam


Menu berkuah selanjutnya yang bisa dihidangkan saat hari lebaran yaitu soto ayam. Terkenal juga dengan nama sauto, troto, coto ataupun juga sroto yang campuran isi didalamnya seperti ayam, bihun, kecambah, ketupat, daun bawang yang disiram dengan kuah hangat dan segar membuat soto menjadi menu alternatif.


1.     Semur Daging


Semur daging, menu yang seringkali disajikan di meja makan saat lebaran terutama bagi orang Betawi. Memiliki cita rasa kuat karna kuahnya yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan juga cengkeh. Semur menjadi favorit banyak orang yang bisa dilahap untuk segala umur. Jangan khawatir, semur juga tetap enak saat dimasak pedas, manis, atau pedas manis tergantung selera kalian.


1.     Rendang


Datang dari ranah Minang, rendang menjadi rekomendasi lain pengganti opor. Bumbunya yang gurih meresap ke daging yang sudah direbus lama hingga empuk kemudian dimakan dengan nasi atau lontong dan ditemani dengan kerupuk.


1.     Sate Ayam


Agar tidak melulu menggunakan daging sapi, sate ayam bisa kamu coba bikin sendiri dirumah. Aroma khas sate ayam saat dibakar, bumbu kacang dengan campuran bawang merah serta lontong patut dijadikan menu yang terhidang diatas meja makan kamu.


1.     Bakso


Memang bisa dibilang tidak semewah seperti menu-menu sebelumnya. Tapi bakso juga bisa kamu sajikan saat hari lebaran apalagi saat cuaca sedang dingin. Disajikan dengan lontong serta es teh atau es degan muda, siapa yang akan menolak bila seperti ini.

 


1.     Mie Goreng


Siapa yang tidak suka mie goreng? Dari anak-anak hingga orang dewasa tidak akan menolak jika ada makanan ini di atas meja makan. Cara pembuatan yang gampang dan variasi isian yang bisa disesuaikan sesuai selera patut kamu coba bikin dirumah.


1.     Pempek


Pempek merupakan makanan khas dari Palembang yang memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan gurih. Disajikan dengan irisan mentimun segar dan mie kuning serta ditambah siraman kuah cuka yang terbuat dari air, gula merah, ebi, cabai rawit, bawang putih dan juga garam. celina


Artikel Terkait