6 Minuman Khas Indonesia Berbahan Dasar Jahe

admin   16 Juli 2019 Minuman

.

Jahe adalah salah satu tanaman rimpang yang terkenal dalam dunia ‘bumbu dapur’ dan dikenal sebagai ‘obat herbal’. Sudah sejak lama, masyarakat Indonesia memanfaatkan Jahe sebagai bahan dasar minuman yang menjadi kesengan berbagai kalangan.  Jika dikonsumsi, jahe akan dapat menghangatkan tubuh dengan sedikit memberikan sensasi pedas yang menyenangkan. Selain dijadikan bumbu dapur dan obat herbal, jahe juga bisa difungsikan sebagai bahan dasar pembuatan minuman. Berikut 6  minuman khas Indonesia yang berbahan dasar dari jahe versi Makanabis.


.

Sekoteng jahe

Hangatkan badanmu dengan mengonsumsi minuman khas Jawa Tengah ini. Sekoteng,  minuman yang memiliki isian berupa kacang hijau, kacang tanah, mutiara, kolang kaling, pacar cina, dan potongan roti tawar, yang kemudian disiram dengan ‘kuah’ jahe. Cara membuat air jahenya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan jahe, daun pandan, serai, gula dan garam.


.

Bandrek

Bergeser ke Jawa Barat, kamu bisa mencicipi minuman bernama bandrek. Bandrek laris dikonsumsi ketika musim penghujan. Kamu akan merasakan kehangatan pada tubuhmu setelah meminumnya. Cara membuatnya terbilang mudah, yaitu dengan merebus air dengan gula, kemudian ditambahkan dengan memasukkan daun pandan, jahe, dan batang serai ketika mendidih. Manisnya gula dan hangatnya jahe, perpaduan yang bikin badanmu segar kembali.


Wedang Ronde

Minuman ini identik dengan bola-bola ketan  ini paling nikmat dikonsumsi ketika cuaca dingin atau saat tidak enak badan. Kuah jahe akan langsung memanaskan tubuhmu seketika setelah kamu menyeruputnya. Masukkan jahe ke dalam panci berisi air yang telah mendidih, disusul dengan bola-bola ketan dan gula merah. Selesai, deh!


.

 Wedang Uwuh

Minuman berwarna merah keunguan yang mirip wine ini adalah minuman percampuran dari berbagai rempah-rempah, termasuk jahe. Jahe dikupas terlebih dahulu, kemudian direbus bersama sereh yang digeprek. Kemudian dimasukkanlah rempah-rempah. Aromanya akan berubah menjadi kemerahan. Ketika hendak mengonsumsinya, biasanya jahenya dibiarkan saja disana untuk tetap membuat minuman tersebut tidak kehilangan ‘kehangatan’ nya.


.

Bajigur

Masyarakat Sunda sangat akrab dengan bajigur ini. Kerap dinikmati ketika turun hujan atau ketika cuaca sedang dingin-dingin manja. Sebenarnya bahan utama dalam membuat minuman ini adalah gula aren dan santan. Akan tetapi biasanya juga ditambah dengan jahe supaya memberikan rasa yang sedikit pedas dan hangat. Jahe dimasukkan ke dalam santan yang telah direbus bersama daun pandan dan gula merah. Kandungan jahe dalam bajigur, mampu menjauhkan kita dari berbagai penyakit seperti migrain, mual, pilek, atau masuk angin.


.

Bir Pletok

Bir khas Indonesia ini sangat aman untuk dikonsumsi. Pasalnya bahan-bahan didalamnya terdiri dari bahan yang menyehatkan, seperti jahe, daun pandan, cengkeh, gula, serai, kayu manis, kapulaga, daun jeruk, dan juga pala. Gak bikin mabuk, malah bikin badan jadi hangat dan segar. Minuman yang punya kandungan jahe, enggak pernah gagal bikin badan kita jadi hangat. Cocok banget dijadikan penyelamat ketika badan kurang sehat dan cuaca lagi gak bersahabat! Putri Aisya


Artikel Terkait