6 Manfaat Wijen Putih, Belum Banyak yang Tahu, Nih!

admin   29 Juli 2019 Khasiat

.

Tentu Kamu pernah melihat biji-biji putih yang menempel pada onde-onde? Biji putih tersebut bernama wijen. Wijen seringkali dianggap enggak memiliki kandungan nutrisi yang cukup ‘wow’ di mata orang-orang. Eits, jangan salah menilai. Meskipun berukuran kecil, tapi khasiat wijen besar dan banyak, lho.


.

Mencegah Penyakit

 Mengonsumsi wijen itu ternyata mampu menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang membahayakan. Wjien putih dapat mencegah penyakit diabetes, karena mengandung magnesium yang dibutuhkan bagi penderita diabetes. Minyak biji wijen dapat meningkatkan fungsi obat yang dikonsumsi bagi penderita diabetes, mengatur insulin dan juga kadar glukosa dalam tubuh. Wijen juga mencegah gangguan pada pencernaan seperti diare atau sembelit, hipertensi, dan berbagai masalah penyakit lainnya. Bahkan wijen juga mampu mencegah kita dari bahaya kanker, lho.


.

Menjaga Tulang

Selain susu, kamu bisa mengandalkan wijen sebagai sumber nutrisi untuk menguatkan tulang. Wijen itu ternyata juga mengandung banyak sekali kalsium, dimana kalsium ini sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang. Kekurangan kalsium akan membuat tulang jadi rapuh atau mudah cedera dan resiko osteoporosis. Katanya sih, beberapa biji wijen punya kandungan kalsium yang lebih banyak dibandingkan setegak gelas susu.  


.

Menjaga Kulit

Mau punya kulit halus dan ternutrisi? Konsumsilah wijen. Wijen kaya akan zinc, dimana kandungan ini berperan untuk menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit. Selain dikonsumsi, wijen dalam bentuk minyak juga dapat digunakan sebagai olesan pada kulit. Gunakan secara teratur supaya hasilnya maksimal. Selain itu, wijen juga membantu penyembuhan gangguan pada kulit seperti luka bakar dan mengurangi tanda penuaan dini. Hal ini dikarenakan kandungan seng yang tinggi dalam wijen, dimana kandungan ini membantu pembentukan kolagen yang berfungsi untuk menguatkan jaringan otot kulit. Kulit jadi kencang, berasa awet muda, deh!


Mengurangi Karang Gigi

Wijen putih juga ternyata bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut, lho. Hal ini lantaran wijen memiliki kandungan antibakteri dan zat yang digunakan untuk melawan bakteri Streptococcus, yang dapat membahayakan rongga mulut. Minyak wijen putih ampuh banget dijadikan sebagai obat apabila kita mengalami sakit gigi. Psst, wijen juga bisa memutihkan gigi, lho!


.

Menyuburkan Rambut

Kandungan omega3, omega6, dan omega9 pada wijen, mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut yang ternutrisi akan menjadi lebih lembut, lembab dan juga sehat. Jadi buat kamu yang rambutnya super tipis atau rentan rontok, mungkin bisa mulai mengonsumsi wijen. Biji wijen juga biasanya digunakan sebagai pemakaian luar, untuk hair tonic.


.

Mengurangi Peradangan Sendi

 Wijen dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan pada persendian, tulang serta otot. Wijen mengandung tembaga yang tinggi, dimana kandungan ini bermanfaat dalam penyerapan zat besi. Zat besi tentu sangat dibutuhkan untuk tubuh kita, bukan? Selain mengatasi peradangan, wijen juga dapat memperkuat dinding pembulu hdarah, lho. Manfaatnya enggak main-main ya ternyata. Kira-kira apa manfaat lainnya dari mengonsumsi wijen ini, ya? Putri Aisya


Artikel Terkait