6 Langkah Foto Makanan Instagramable!

Administrator   17 Juni 2019 Tips n Trick

Sosial media kini menjadi salah satu platform yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat. Tidak hanya sekedar sebagai media informasi, social mendia kini menjadi wadah bagi berputarnya tren-tren dari seluruh dunia. Bicara soal tren, saat ini konten-konten yang berisi foto makanan juga mulai digemari oleh banyak orang, baik secara professional seperti food blogger dan vlogger ataupun di kalangan amatir biasa.

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menghasilkan foto terbaik yang nantinya akan di unggah pada akun sosial media pribadi mereka. Namun bagi kalian yang masih kesusahan untuk menghasilkan foto yang tampak menarik, yuk simak beberapa tips dibawah ini agar kamu bisa makin jago saat memotret nantinya.

 


Kamera berkualitas

Saat ini banyak pilihan kamera yang disuguhkan oleh pasar yang bisa kita pilih sesuai dengan budget kita. Meskipun begitu untuk menghasilkan gambar yang bagus juga tidak perlu sampai membeli kamera dengan harga yang selangit. Karena jika kita teliti dan pandai memilih, kita juga bisa membeli kamera dengan spesifikasi yang mumpuni dengan harga bersahabat. Seperti yang saat ini banyak digunakan oleh para vlogger maupun food blogger, kebanyakan mereka memilih menggunakan kamera Mirrosless


Pencahayaan

Saat kamu akan mulai memotret makanan kamu, coba pilih tempat yang terkena cahaya matahari agar tampak lebih alami. Jika kamu akan memotret saat malam hari, sebaiknya hindari penggunaan flash karena akan menimbulkan cahaya yang terlalu berlebihan. Cukup pilih tempat yang terang (tepat dibawah lampu misalnya) agar saat proses pengeditan foto, gambar tidak terlalu pecah saat kontras ditinggikan.


Angle Objek

Selain pencahayaan, angle menjadi peran penting lainnya saat pengambilan foto. Kita harus mampu mengambil sudut yang pas agar dapat menonjolkan objek pada makanan tersebut. Namun, juga jangan hanya berfokus pada makananannya saja, karena konon katanya latar belakang pada makanan juga dapat meningkatkan nilai visual dari foto tersebut.


Atur dan Percantik Makanan

Styling atau mengatur posisi makanan juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Atur posisi yang kamu rasa cocok kemudian coba ambil beberapa foto sesudahnya agar bisa kamu nilai apakah posisi itu tampak apik saat diambil dengan kamera. Saat kamu mengatur posisi, usahakan juga tambah aksesoris pendukung lainnya agar makanan kamu terlihat lebih hidup dan cantik. Misalnya tambahkan sendok, garpu, atau beberapa taburan kelopak bunga. Kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan barang-barang yang memiliki warna yang sama dengan makanan kamu. Tapi jangan lupa untuk tidak berlebihan agar makanan kamu tetap menjadi pusat dari foto tersebut.


Editing Foto

Meskipun hasil foto yang kamu ambil sudah cukup bagus, proses editing foto tidak bisa kamu lewati begitu saja. Ada banyak aplikasi bagus yang tersedia seperti, Vsco, Snapseed, Lightroom yang mampu mengedit foto kamu menjadi lebih apik dan tampak hidup. Kamu cukup pandai-pandai bermain dalam memadu-padankan kontras dan efek pada foto kamu.


Caption

Keterangan pada foto atau caption menjadi unsur penting lainnya. Tak jarang kita menemukan foto-foto yang apik namun memili caption yang kurang menarik yang membuat kita menjadi malas untuk meninggalkan komentar atau menekan tombol “Like” pada foto tersebut. Ada baiknya setelah selesai tahap pengambilan foto, kamu mencicipi makanan yang sudah kamu foto tersebut. Dari situ, kamu bisa mulai merangkai kata-kata seperti yang kamu mau dalam menggambarkan makanan tersebut. Masukkan clickbait lucu agar caption yang kamu bikin terkesan tidak membosakankan. Celine


Artikel Terkait