6 Jenis Tempe Paling Populer

Administrator   20 Mei 2019 Ragam

Aneka tempe

Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang mudah ditemui dan kaya gizi. Kelezatan tempe sekarang bahkan sudah merambah hingga keluar negeri, dan dijual dengan harga yang mahal! Kenalan yuk sama jenis-jenis tempe khas Indonesia, yang bisa diolah menjadi makanan super lezat! 


tempe menjes

1. Tempe Menjes

Tempe ini memiliki tekstur yang sedikit kasar, namun mudah untuk digigit. Berasal dari kacang tanah, tempe ini akan banyak kamu temui di Yogyakarta dan daerah Jawa Timur. Rasanya cenderung hambar, sehingga perlu ditambahkan bumbu.


tempe gembus

 2. Tempe Gembus

Bentuknya terlihat seperti tahu, karena memang tempe gembus atau gembos  ini dibuat dari ampas tahu. Ketika diolah, tempe gembus memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang empuk. Bagian dalamnya terlihat rapat. 


tempe kedelai

3. Tempe Kedelai

 Ini adalah jenis tempe yang mungkin kamu temui sehari-hari. Ada yang dijual dengan dibungkus plastik, ada juga yang dibungkus menggunakan daun. Tempe ini berasal dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan ragi. Penampilannya akan terlihat seperti serabut halus berwarna putih yang membungkus atau berada di antara kacang kedelainya. 


Tempe bongkrek

4. Tempe Bongkrek

 Kalau tempe gembus berasal dari ampas tahu, maka tempe khas Jawa Tengah ini berasal dari ampas kelapa. Penampilannya seperti tahu yang kering dan berwarna kecokelatan di bagian ujung-ujungnya, dan memiliki rasa yang gurih. Tanda jika tempe ini sudah tidak layak makan adalah ketika warnanya berubah menjadi kekuningan. Pernah dengar berita menghebohkan mengenai keracunan tempe bongkrek, bukan?


Tempe Benguk

5. Tempe Koro atau Tempe Benguk

 

Bukan kacang kedelai, tempe koro menggunakan bahan berupa kacang koro. Bahan yang digunakan juga bukanlah kacangnya, namun bijinya. Warnanya kecokelatan terkadang kehitaman,  teksturnya sedikit keras dan padat dengan bentuk lonjong dan pipih. Ini adalah tempe khas Kulon Progo, Yogyakarta.


Tempe bungkil

6. Tempe Bungkil

 Tempe ini berasal dari ampas kacang tanah. Tempe yang sangat populer di daerah Jawa Timur ini memiliki tekstur yang empuk dan juga gurih. Masih banyak macam tempe tapi ke 5 tempe tadi adalah yang paling popular. Putri 


Artikel Terkait