6 Jenis Telur dan Perbedaannya

admin   12 Juli 2019 Healthy Food

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi telur. Contohnya saja telur dapat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga kesehatan jantung . Kamu bisa menemukan beragam jenis telur yang dijual di supermarket atau pasar terdekat. Telur apa saja yang pernah kamu konsumsi? Coba yuk, kita kenalan dengan 6 jenis telur di bawah ini!


.

Telur ayam ras

Telur ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan kulit cangkang berwarna cokelat muda dan memiliki telur berbentuk lonjong. Di pasaran, harga telur ayam ras dijual dengan lebih murah dibandingkan telur ayam kampung. Ayam yang diternakkan disini adalah ayam petelur.


.

Telur ayam kampung

 Berbeda dengan telur ayam ras, telur ayam kampung memiliki kulit cangkang berwarna putih pucat. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam ras. Disebut dengan telur ayam kampung karena telur ini dihasilkan oleh ayam kampung yang bebas bermain di alam terbuka dan tidak dikandangi. Ayam kampungnya mencari makanan mereka sendiri sehingga makanannya sangat bervariasi seperti serangga dan tanaman alami. Sebenarnya, dibandingkan dengan telur ayam ras, kandungan telur ayam kampung lebih menyehatkan.


.

Telur bebek

Dibandingkan telur ayam, ukuran telur bebek jauh lebih besar. Beratnya sekitar 55 – 75 gram /butir. Cangkang telur bebek berwarna hijau muda dan cukup tebal. Teksturnya lebih kenyal dibandingkan jenis telur lainnya. Telur bebek mengandung protein,karbihidrat, lemak, dan juga vitamin. Sayangnya, telur bebek memiliki bau yang cukup amis.


.

Telur angsa

Telur yang dihasilkan oleh angsa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan telur ayam dan ataupun telur bebek. Beratnya saja 55 gram/butir, lho. Bentuk telurnya lonjong dan memiliki kulit cangkang berwarna putih bersih. Meski kurang populer dibandingkan telur ayam atau telur bebek, telur angsa juga memiliki manfaat yang tidak kerennya. Telur angsa dapat menambah daya tahan tubuh dan dapat mencegah anemia.


.

Telur puyuh

Dinamai telur puyuh, karena telur ini berasal dari hewan burung puyuh. Ukurannya bisa dibilang cukup kecil dibandingkan telur unggas pada umumnya. Telur ini memiliki berat sekitar 15 – 20 gram per butirnya. Cangkangnya memiliki corak yang menarik, lho. Warna dasar cangkang berwarna putih dengan corak berwarna hitam. Telurnya dilapisi dengan lapisan kulit yang mudah robek.


.

Telur ikan

Telur ini tidak berasal dari unggas seperti jenis telur di poin sebelumnya. Telur ini berasal dari ikan. Ada beragam jenis telur ikan yang bisa kamu konsumsi, seperti telur dari ikan tengiri, ikan tuna, ikan kakap, atau telur ikan gabus. Berasal dari berbagai ikan yang berbeda, maka bentuknya pun agak sedikit berbeda satu sama lainnya. Putri Aisya


Artikel Terkait