6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat!

admin   16 Juli 2019 Ragam

.

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular. Tapi di Eropa, pastry akan selalu ada dalam setiap hidangan, terutama saat pesta dan perayaan besar.  Pastry adalah nama untuk jenis kue yang memiliki tekstur garing dan renyah. Terbuat dari campuran terigu, cairan dan juga lemak. Kalau kamu pergi ke toko kue, kamu pasti akan menemukan salah satu jenis kue pastry di dalamnya.  


.

Puff  

Puff itu artinya menggembung atau mengembang. Nama ini sesuai dengan tampilan pastrynya yang mengembang dan berlapis. Teksturnya ringan dan pastinya renyah. Dalam pembuatannya, puff pastry tidak menggunakan ragi. Kalau makan pastry ini, berasa kayak makan makanan yang mewah. Hihihi


.

Croissant

Kamu pasti familiar dong sama roti ini? Roti berbentuk bulan sabit atau huruf C ini punya bentuk yang unik, dan mudah dihapalkan. Dasar adonannya sama seperti adonan puff pastry, namun dengan tambahan ragi. Pastry ini bisa kamu jumpai di toko roti yang besar, beberapa rumah makan mewah atau hotel. Beberapa orang biasa menambahkan selai sebagai ‘cocolan’ ketika mengonsumsinya.


.

Phyllo  

Bentuknya mirip dengan puff pastry, ya? Akan tetapi bahan lemak yang digunakan dalam pembuatan pastry ini lebih sedikit dibandingkan dengan puff pastry. Perbedaan lainnya adalah bagian ujungnya tidak menyatu seperti puff pastry. Teksturnya ringan, renyah dan lebih tipis. Akan tetapi, bentuknya tetap dibuat berlapis.


.

Danish

Uniknya pastry ini adalah, adonan akan dilipat seperti membentuk bunga. Jika dibandingkan dengan Croissant, teksturnya lebih lunak dan lembut. Bagian tengahnya biasa diberikan selai. Selain itu, rasa menteganya akan sangat terasa di lidah ketika kamu menggigitnya. Bakalan ketagihan, deh!


.

Choux

Pernah makan kue sus? Nah, jenis pastry yang digunakan bernama Choux pastry. Pastry jenis ini terbuat dari campuran margarin, air dan terigu. Semuanya diaduk hingga tercampur dan tidak lengket. Berbeda dengan jenis pastry lainnya, teksturnya sangat lembut ketika dimakan. Bagian dalamnya kosong dan biasa diisi dengan krim atau vla.


Short

Short pastry atau biasa disebut short dough memiliki kandungan lemak yang tinggi. Biasanya ditambahkan pengembang kue di dalam adonannya. Teksturnya kering dan rapuh. Ketika digigit, dia akan mudah hancur dan menimbulkan reremahan. Teksturnya mengingatkanmu pada kue kering yang ada di dalam toples untuk lebaran. Kue pie buah berukuran kecil yang kamu temui di toko roti, menggunakan pastry jenis ini. Kue pastry sering menjadi camilan dalam suatu acara special, atau menjadi menu di restoran atau hotel. Jadi, jenis pastry mana yang menjadi favorit kamu? Putri Aisya


Artikel Terkait