6 Jenis Nasi Khas Indonesia

putri   06 Agustus 2019 Ragam

.

Orang Indonesia itu akan merasa belum makan, kalau belum makan nasi. Makan siang pakai mi? Berarti belum makan. Makan malam pakai pempek? Sama saja belum makan malam. Yup, pokoknya harus makan nasi , baru dianggap sudah makan. Nasi adalah salah satu makanan pokok di Indonesia. Nasi diolah sedemikian rupa supaya menghasilkan beragam sajian makanan. Ini dia 7 jenis nasi yang khas Indonesia. Cuma bisa dijumpai disini!


.

Nasi uduk


Warna nasinya lebih sedikit puyeh dibandingkan nasi putih. Aromanya khas pandan, begitu juga dengan rasanya. Gurih! Rasa gurih ini dikarenakan penambahan santan dalam pembuatannya. Nasi uduk ini adalah nasi khas Betawi. Makanan pelengkap yang menemani sajian nasi uduk biasanya adalah ayam goreng, bihun, orek tempe, dan sambal. Jangan lupa diatasnya ditaburi bawang goreng.


Nasi Kuning

Sesuai namanya, nasi ini memiliki warna kuning. Warna kuning ini berasal dari bumbu kunyit yang dimasak bersama dengan nasinya. Selain itu, ditambahkan pula santan dan rerempahan. Rasa nasinya cukup gurih, dan biasa ditemani dengan lauk berupa perkedel, orek tempe,telur balado dan sambal goreng kentang dan ati. Nasi kuning biasa disajikan jika ada perayaan khusus, dimana nantinya nasi tersebut yang seperti segitiga. Sebutannya sih tumpengan, gitu. 


Nasi liwet

Pergi traveling ke solo, harus cobain nasi liwet. Nasinya terlihat ‘rame’ dan seperti dicampur dengan sesuatu. Yup, nasi liwer ini dimasak dengan menambahkan teri, daun salam, dan juga lengkuas. Padanannya sih berupa ayam goreng, lalapan, tahu tempe, dan sambal. Nasi liwet ini disajikan dalam sebuah pincuk menggunakan daun pisang. 


.

Nasi jagung

Nasi jagung juga punya warna seperti nasi kuning. Akan tetapi kuningnya lebih cerah, dan biasanya dicampur dengan nasi putih. Dibandingkan nasi putih, nasi jagung ini justru lebih sehat, lho. Untuk melakukan peralihan dari kebiasan pengonsumsian nasi putih ke nasi jagung, biasa dilakukan secara bertahap seperti mencampur nasi putih dan nasi jagung dengan takaran tertentu.


.

Nasi timbel

Bandung juga punya nasi khasnya, yaitu nasi timbel. Dulunya nasi timbel ini merupakan bekal makan siang para petani Sunda. Nasinya dialasi atau diselimuti dengan daun pisang. Menu pelengkapnya adalah ikan asin, tahu goreng, tempeng goreng, ataupun ayam goreng. Tak lupa, sambal terasi dan lalapan jadi pelengkap menu khas Sunda ini. Jangan lupa kerupuk empingnya!


.

Nasi Tutug Oncom

Warna nasinya merah kecokelatan dengan tampilan nasi yang ‘ramai’. Nasi tutug oncom ini dibuat dengan cara mencampurkannya dengan oncom goreng atau baka. Lauk pelengkap sajian nasi tutug oncom ini adalah ayam goreng, tahu tempe serta lalapan dan juga sambal. Biasanya dialasi dengan daun pisang.

Beragam juga, ya? Jadi pengen cobain enggak, nih?

(penulis: putri aisya)


Artikel Terkait