6 Bahan Penghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

putri   05 Agustus 2019 Tips n Trick


Sedikit berbeda dengan daging lainnya, daging kambing memiliki aroma yang amis atau prengus. Beberapa orang tidak menyukainya, lantaran adanya pengalaman memakan sajian daging kambing yang masih berbau amis. Menyambut hari Idul Adha, pasti beberapa orang akan menerima daging kambing yang bisa diolah menjadi makanan lezat. Supaya enggak merusak cita rasa masakan, maka aroma amis dari daging kambing harus dihilangkan. Caranya mudah, kok. Gunakan saja beberapa bahan di bawah ini, amis langsung hilang!


.

Susu Full Cream Cair

Selain membuat daging menjadi lebih lembut, susu juga mampu menghilangkan bau amis pada daging kambing. Potong-potong daging menjadi berukuran kecil, kemudian tuang susu full cream cair hingga daging terendam. Simpan dalam kulkas dan biarkan selama beberapa jam.


.

 Air Jeruk Lemon

Sejak dulu jeruk lemon terkenal mampu membasmi bau-bauan amis, dan menggantikannya dengan aroma yang lebih segar. Jeruk lemon biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging kambing. Lumuri daging kambing dengan perasan lemon, kemudian tunggu hingga kurang lebih 10 menit.


.

Nanas Muda

Punya buah nanas muda di rumah? Bisa dimanfaatkan juga untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Parut nanas di atas daging, kemudian balurkan hingga rata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kenapa harus nanas muda? Hal ini dikarenakan getahnya cukup banyak, dan kita memanfaatkan getah tersebut. Selain membuat aromanya bebas amis, serat dagingnya juga bisa lebih lembut. Eits, tapi jangan kelamaan, ya. Nanti daging kambingnya terlampau lunak!


.

Daun pepaya

Daun pepaya memiliki enzim yang mampu menetralkan bau prengus pada daging kambing. Kamu tinggal mengambil daun papaya lalu bungkus daging kambing yang telah dipotong dan biarkan dalam wadah. Kalau enggak ada daun papaya, kamu bisa menggantinya dengan daun jambu dan daun jati.


.

Jahe


Jahe punya rasa dan aroma yang kuat, sehingga ampuh banget untuk melawan bau-bauan yang kuat termasuk bau amis pada daging kambing. Kamu hanya tinggal mememarkan jahe kemudian dibalurkan secara merata pada daging kambing. Bisa juga dengan memarutnya dan meratakannya. Pada dasarnya, semakin banyak rempah yang digunakan, maka semakin hilang bau amisnya. Jika daging kambing dalam keadaan sudah dicuci, maka kamu perlu merebus daging kambing dengan jahe. Selain menggunakan jahe, kamu bisa menggunakan rerempahan lainnya seperti daun jeruk, cengkeh, serai bahkan kemangi.


.

Garam


Garam pasti tersedia di setiap rumah. Semisal kamu enggak punya bahan-bahan di atas, kamu bisa mengandalkan garam. Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal membalur daging kambing yang telah dipotongi dengan garam. Diamkan selama sejam, kemudian bisa langsung diolah. Garam bekerja untuk menetralkan bau amis akibat darah segar pada kambing, sehingga bau amis hilang! Simpel banget, kan?

Gimana? Bahan-bahannya cukup mudah di dapatkan, bukan? Cara lainnya selain menggunakan bahan-bahan tersebut adalah dengan menghilangkan bagian lemak pada daging kambing. Cara ini juga dirasa membantu menghilangkan bau prengus khas daging kambing. Selamat mencoba dan menikmati sajian daging kambing! Putri Aisya.


Artikel Terkait