6 Aneka Pilihan Jenis Kurma

Administrator   22 Mei 2019 Ragam

Selama bulan puasa, kurma adalah primadona. Sesuai Sunnah Nabi, maka kurma adalah makanan pembuka atau takjil saat puasa. Rasanya yang manis hingga kurma dapat dimakan langsung atau menjadi bahan aneka olahan lezat.

 

Dan ternyata kurma ada banyak jenisnya. Masing-masing punya rasa khas, bentuk, harga, hingga manfaat yang berbeda. Apa saja jenis kurma itu : 


Kurma Azwa alias kurma Nabi paling populer di Indonesia

Kurma Azwa

Kurma Azwa adalah yang paling populer di Indonesia. Karena kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW maka orang Indonesia menyebutnya sebagai kurma nabi. Cirri-cirinya berwarna hitam pekat berukuran kecil dengan rasa yang manis, mirip seperti kismis.


Kurma Khidri siap diolah kembali

Kurma Khidri

Kurma khidri adalah pilihan jika ingin mengolahnya kembali menjadi aneka pegangan lezat. Kurma ini memiliki ciri, dominan berwarna merah tua ini memiliki daging yang kering dan kenyal, dengan rasa yang tidak terlalu manis. 


Kurma Barhi berciri daging tebal

Kurma Barhi

Secara umum, kurma ini memiliki daging tebal, lembut dan manis. Bentuknya silinder dengan warna cokelat gelap tapi ketika masuk di mulut akan  lumer seperti karamel. Sehingga sangat pas dijadikan takjil untuk berbuka puasa.


Kurma Holwah rasa manis jadi keunggulan

Kurma Holwah

Kurma holwah memiliki nama lain kurma halawi. Rasanya   sangat manis dan daging empuk yang tebal. Holwah memiliki ciri warna yang cokelat kehitaman, ukurannya besar, dan tidak bergaris atau mengkerut.


Kurma Deglet tidak terlalu manis dagingnya tebal

Kurma Deglet Noor

Deglet Noor memiliki ciri kebalikan dari kurma Holwah. Rasanya  tidak terlalu manis. Kurma deglet noor ini mudah dikenali karena memiliki warna kuning keemasan dengan ukuran sedang. Dagingnya pun cukup empuk.


Kurma Thuri tahan disimpan dalam waktu lama

Kurma Thuri

Kelebihan dari Kurma Thuri adalah sifatnya yang tahan saat disimpan.  Kurma yang memiliki warna cokelat kemerahan ini cukup tahan lama, karena daging buahnya kering dan terlihat keriput. Meski begitu, rasa kurma ini tetap manis dan enak untuk dikonsumsi.

 


Artikel Terkait